Mohon tunggu...
Yudha SetyaNugraha
Yudha SetyaNugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu komunikasi UAJY

A Communication Study Student & Freelance writer ,Looking for a Path to Become a professional Journalist ,I like Games my favorite genre was survival horror, I Love Movies, I super curious about Tech and Automotive racing especially MOTOGP, WSBK and Formula One, I also interested in history mainly about the first word war and the second world war Asian Pacific region. All things is set up so ready to go! PS: I don't have any interest in politics

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Artikel Utama

"Resident Evil Remake" adalah Game Resident Evil yang Paling Sempurna

22 Oktober 2020   17:58 Diperbarui: 23 Oktober 2020   22:07 1454 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Resident Evil Remake" adalah Game Resident Evil yang Paling Sempurna
Resident Evil Remake. Sumber Gambar: Tangkapan layar dari SHN Survival Horror Network

Sebagian besar orang yang memainkan game console pasti tidak asing dengan nama Resident Evil. Franchise survival horror produksi dari Capcom ini sudah hilir mudik menemani para gamer sejak tahun 1996. 

Nama Resident Evil memang bisa dikatakan sebagai salah satu franchise game yang tidak hanya populer namun juga penting bagi industri game, karena ia adalah nama yang mempopulerkan genre survival horror.

Saking populernya franchise ini, dirinya kemudian menelurkan berbagai sekuel, prekuel dan remake dari gamenya. Terbaru ada Resident Evil 3 Remake yang dirilis pada 3 April 2020 yang lalu dan game kedelapan, Resident Evil Village akan segera dirilis pada waktu dekat di console next gen dan kemungkinan juga hadir dalam console current gen.

Namun dari sekian banyak game dengan nama Resident Evil tersemat didalamnya, mana yang paling sempurna? Mungkin pendapat orang akan berbeda-beda, akan ada yang bilang Resident Evil 2 (1998), Resident Evil 4 (2005), mungkin juga Resident Evil 2 Remake (2019). Namun bagi saya Resident Evil Remake (2002) adalah yang paling sempurna.

The First Zombie. Sumber Gambar: Tangkapan Layar SHN Survival Horror Network
The First Zombie. Sumber Gambar: Tangkapan Layar SHN Survival Horror Network

Menunjukan yang Tidak Bisa di Tunjukan oleh Game Originalnya

Perlu kita ingat kalau Resident Evil yang pertama keluar pada tahun 1996 untuk console Playstation yang tentunya memiliki limitasi hardware yang sangat tinggi. 

Mungkin gamers pada tahun 90an akan merasa Resident Evil yang pertama sangat menyeramkan bagi mereka namun itu juga dipengaruhi level grafik pada semua console bahkan game PC pada saat itu yang belum terlalu baik.

Grafik dari Resident Evil Original 1996. Sumber Gambar: Tangkapan layar pribadi
Grafik dari Resident Evil Original 1996. Sumber Gambar: Tangkapan layar pribadi

Maka untuk memperkenalkan original Resident Evil pada gamers generasi baru Capcom memutuskan untuk membuat remake dari Resident Evil pertama yang kemudian dirilis di console Nintendo Gamecube pada tahun 2002. Namun karena Nintendo Gamecube kalah pamor jauh daripada Playstation 2 saat itu, maka Resident Evil Remake ini seakan juga ikut di lupakan walaupun mendapat sambutan yang baik dari komunitas dan kritikus game pada saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN