Mohon tunggu...
Yudha SetyaNugraha
Yudha SetyaNugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu komunikasi UAJY

Communication Scholar. Game, Film and Gadget enthusiasm. Tokusatsu and racing fan. Open for hired.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Search Engine Optimization, Senjata Penulis Online dalam Mencari Pembaca

28 September 2020   15:33 Diperbarui: 28 September 2020   15:38 60 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Search Engine Optimization, Senjata Penulis Online dalam Mencari Pembaca
Mengoptimalisasikan Mesin pencari adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Sumber: https://klubelajarkreatif.blogspot.com

Saat membaca koran ataupun buku yang harus dilakukan adalah membaca daftar isi dan halaman pertama untuk mendapatkan bab atau tulisan yang ingin dibaca. Namun dengan Internet, seseorang hanya perlu mengetikan kata kunci dari tulisan yang ingin dibaca untuk dapat menemukan tulisan tersebut.

Bagi pembaca hal ini mempermudah mereka untuk mendapatkan sumber referensi yang ingin mereka baca. Namun untuk para penulis, mereka yang bersaing dalam satu kaca kunci yang sama harus memutar otak untuk bagaimana tulisan mereka mendapatkan pembaca. 

Karena itu penulis harus dapat menemukan strategi yang tepat untuk dapat memenangkan pertempuran mendapatkan pembaca ini. Search Engine Optimization adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjaring pembaca.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

Seperti terimplikasi dalam namanya,menurut Beni Suranto dkk (2020) dalam "Implementasi Strategi Search Engine Optimization pada Startup Ayospparing"  Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah strategi untuk mengoptimasi sebuah tulisan daring ataupun website untuk dapat menjadi nomor 1 dan dapat langsung ditemukan dalam mesin pencari Internet. 

SEO dapat mengoptimalisasi performa website melalui penggunaan backlinks dan tulisan pada website dan yang paling penting adalah, SEO memakai pembiyaan yang minim sehinga car aini sangat sesuai dengan website atau penulis online baru yang ingin memajukan karir mereka.

Menggunakan SEO

Terdapat 5 tahap dalam SEO yang dapat digunakan oleh penulis online untuk mengoptimalisasi tulisan mereka untuk mendapatkan jumlah pembaca yang mereka inginkan antara lain:

Keyword Research

Tema tulisan memang penting namun bagaimana seorang penulis merancang judul dan kata-kata kunci didalamnya berperan sangat penting dalam persaingan penulis online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x