Mohon tunggu...
Yudha Dwi
Yudha Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malang

Saya sedang menyelesaikan gelar sarjana saya dalam Jurusan Biologi di Universitas Negeri Malang. Belajar dari para master, termasuk B.J. Habibie, Adi Utarini, dan Tri Mumpuni, membuat kecintaan saya pada bidang Biologi khususnya Zoologi. Beberapa pengalaman saya terakhir ini pernah melakukan penelitian untuk mengikuti prosiding di ICOLIST 2022 sebagai asisten dosen dalam penelitian mengenai Metabolisme Tikus yang mengajari saya banyak hal tentang cara kerja enzim maupun organ dalam tikus yang lebih detail. Setelah saya lulus, impian saya adalah menjadi profesor di salah satu institusi besar seperti LIPI.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Perawatan dan Pembersihan Serta Pengadaan Tempat Sampah dan Rambu-Rambu Pada Wisata Pemancingan Bonwatu di Desa Sambigede

1 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   10:43 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potensi unggulan Desa Sambigede adalah Wisata Pemancingan Bonwatu. Wisata Pemancingan Bonwatu merupakan tempat pemancingan umum dan tempat budidaya ikan sebagai bagian dari potensi wilayah Desa Sambigede. Tempat pemancingan tersebut adalah milik warga Desa setempat. Fasilitas yang tersedia di Wisata Pemancingan Bonwatu tersedia warung makan, parkiran, toilet dan gazebo untuk tempat duduk wisatawan Bonwatu.

Namun yang menjadi permasalahan di area Wisata Pemancingan Bonwatu yaitu kebersihan lingkungannya, banyak sampah organik maupun anorganik yang berserakan di sekitar area Wisata Pemancingan Bonwatu. Masalah tersebut dikarenakan kurangnya tempat sampah dan tidak adanya penanggungjawab kebersihan sehingga Wisata Pemancingan Bonwatu menjadi  sangat kumuh dan tidak terawat.

Berdasarkan peramasalahan ini salah satu Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang (UM)  Tahun 2022 , Erfa Duwi Puspitasari dari Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat melaksanakan Program Perawatan dan Pembersihan serta Pengadaan Tempat Sampah dan Rambu-Rambu di Wisata Pemancingan Bonwatu yang bertempat di Desa Sambigede.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Tim pengabdian Um 2022 melakukan Kegiatan Perawatan dan Pembersihan Wisata Pemancingan Bonwatu dilakukan dengan harapan agar wisata pemancingan bonwatu tetap terjaga kebersihan lingkungannya.

Kegiatan Pengadaan Tempat Sampah di Wisata Pemancingan Bonwatu dilakukan dengan harapan berkurangnya penumpukan sampah di area wisata. Pengadaan tempat sampah diletaknya di 6 (enam) titik di Wisata Pemancingan Bonwatu.  

Kegiatan pengadaan rambu-rambu dengan tulisan (Buanglah sampah pada tempatnya) di Wisata Pemancingan Bonwatu dilakukan dengan harapan berkurangnya wisatawan atau masyarakat yang berkunjung tidak membuang sampah sembarangan, tujuan dari pengadaan  rambu-rambu tersebut yaitu sebagai penginggat kepada wisatawan atau masyarakat yang berkunjung ke wisata pemancingan bonwatu.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Program Perawatan dan Pembersihan serta Pengadaan Tempat Sampah dan Rambu-Rambu di Wisata Pemancingan Bonwatu diharapkan dapat dipertahankan kedepannya.

Tim Pengabdian UM desa Sambigede mengucapkan terima kasih, kepada pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Sambigede yang telah mendukung terlaksananya Program Kerja dari Tim Pengabdian UM 2022 Desa Sambigede.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun