Mohon tunggu...
YS Setiadi
YS Setiadi Mohon Tunggu...

"Berbagi untuk kebaikan"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ikrar Lingkungan Bersih dan Sehat SD Santa Maria Fatima Jakarta

18 Juni 2013   18:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:48 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ikrar Lingkungan Bersih dan Sehat SD Santa Maria Fatima Jakarta
13715553981620769398

Sekitar 2000 siswa-siswi SD Santa Maria Fatima, Jatinegara, Jakarta Timur termasuk guru, orangtua siswa dan para alumni memadati Taman Bunga, Taman Mini Indonesia Indah (15/6). Dengan berkostum kaos hijau bertuliskan “Tanamlah Satu Pohon Sebagai Bukti Cinta Anda pada Indonesia dan Anak Cucu”, mereka memeriahkan perayaan akbar hari jadi ke-60 almamater mereka.

Acara yang semula akan diselenggarakan di Monas Jakarta Pusat itu berlangsung sejak pagi hingga siang. Udara yang cerah sangat mendukung acara sehingga dapat berjalan dengan lancar,

Dibuka doa bersama kemudian senam massal yang diikuti seluruh yang hadir. Dilanjutkan penampilan acara-acara seni dan budaya bernuansakan Betawi dari para siswa-siswi. “Kegiatan akbar ini juga dikaitkan dengan HUT Kota Jakarta mendatang. Kami juga ingin berusaha melestarikan seni dan budaya Betawi supaya dikenal sejak usia anak-anak,” demikian Lucy Kurniati, selaku ketua panitia perayaan.

Selesai senam massal, perwakilan keluarga besar SD Santa Maria Fatima membacakan ikrar yang berisi janji untuk berperilaku sehat, bersih dan menciptakan lingkungan hidup yang indah dan berseri. Selain itu mereka menandatangani ikrar di atas kain putih sepanjang 40 meter. Tak ketinggalan, demo pembuatan pupuk organik sekelompok siswa-siswi.

Tampak hadir Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Pemrov DKI Jakarta Mochammad Tauchid Tjakraamidjaja, mewakili Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Beliau  menyampaikan penghargaan atas usaha SD Santa Maria Fatima yang mengangkat tema lingkungan hidup pada perayaan akbar ini. “Masalah lingkungan hidup memang bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tapi juga warga masyarakar pada umumnya, termasuk warga sekolah,” ujar beliau. Secara khusus, atas nama pemerintah, ia juga mengucapkan terima kasih atas tempat pengungsian yang selalu tersedia di lokasi sekolah Santa Maria Fatima bagi warga yang terkena banjir di sekitar Ciliwung selama ini.

Pastor Andang Binawan SJ mewakili Keuskupan Agung Jakarta yang juga ikut hadir berharap agar  kegiatan cinta lingkungan bukan hanya sekedar menanam pohon tapi juga memeliharanya. Ia juga berpesan agar kita terus memperhatikan masalah sampah demi menjamin kehidupan yang makin lebih baik. Pastor Andang Binawan SJ selama ini dikenal juga sebagai aktivis lingkungan hidup.

Rangkaian acara dalam rangka HUT ke-60 SD Santa Maria Fatima, Jatinegara, Jakarta Timur masih akan diadakan hingga Agustus mendatang. Diantaranya adalah peduli kasih bagi warga sekitar, seminar pendidikan, reuni akbar seluruh angkatan dan Perayaan Ekaristi yang akan dipimpin Uskup Agung Jakarta. (yss)

[caption id="attachment_268740" align="aligncenter" width="300" caption="Selesai pembacaan ikrar, sebagian siswa memperagakan pembuatan pupuk organik"][/caption]