Mohon tunggu...
Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Mohon Tunggu... better than yesterday

alexanderyosafat.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menilik Kemungkinan Mourinho Melatih Newcastle United

11 Juni 2019   07:12 Diperbarui: 11 Juni 2019   07:15 0 1 2 Mohon Tunggu...
Menilik Kemungkinan Mourinho Melatih Newcastle United
www.foxsports.com.au

Seperti yang kita ketahui belakangan ini beredar kabar bahwa salah satu klub Inggris, yakni Newcastle United akan diakuisisi oleh pengusaha sekaligus anggota kerajaan Uni Emirat Arab (UEA), Khaled bin Zayed Al Nahyan. Sheikh Khaled  sendiri merupakan saudara sepupu dari Sheikh Mansour, pemilik Manchester City saat ini. Sejauh ini, akuisisi Newcastle oleh Sheikh Khaled memang masih kabar burung. Pasalnya, pemilik Newcastle sekarang, Mike Ashley, tak kunjung melihat bukti nyata rencana akuisisi tersebut.

Sheikh Khaled disebut-sebut siap membeli Newcastle United seharga 350 juta Pounds atau sekitar Rp 6,41 T dari tangan pengusaha asal Inggris, Mike Ashley. Proses pembelian sendiri memang hingga kini belum diumumkan secara resmi oleh pihak klub.

Sheikh Khaled juga dirumorkan bakal mendepak Rafael Benitez dari kursi pelatih Newcastle. Ia ingin Newcastle dilatih oleh nakhoda potensial yang bisa menyajikan gelar juara. Dikutip dari Daily Mirror, Jika ia resmi mengakuisisi Newcastle United, salah satu keinginannya adalah mengganti pelatih sekarang,  Rafael Benitez dengan Jose Mourinho mantan manajer Manchester United yang memang saat ini sedang tidak melatih klub manapun setelah didepak oleh Manchester United.

Mourinho sendiri juga dikabarkan tertarik untuk menjadi pelatih baru Newcastle. Mantan pelatih Manchester United itu memang punya kedekatan dengan ikon klub Newcastle, Sir Bobby Robson. Keduanya dekat saat Mourinho menjadi asisten pelatih di Sporting Lisbon, Porto dan Barcelona pada 1990-an. Mourinho menuturkan bahwa Robson sering bercerita kepadanya tentang antusiasme publik St. James Park dan keriangan mengelola klub kota kelahirannya.

Ada fakta menarik seputar Mourinho dan Newcastle. Sepanjang kariernya The Special One tidak pernah memenangkan pertandingan Premier League di St. James Park baik saat menukangi Chelsea ataupun Manchester United. Rekornya adalah empat kali kalah dan tiga kali meraih hasil seri.

Mourinho sendiri memang terkenal salah satu pelatih elite di dunia sepak bola. Pelatih yang mendapatkan julukan menteri pertahanan oleh publik Indonesia ini, akibat gaya permainannya yang defensif sudah dua kali menjuarai liga champions bersama FC Porto dan Inter Milan.

The Special One juga telah memenangkan gelar Liga Portugal sebanyak dua kali, liga Inggris sebanyak tiga kali, liga Italia sebanyak dua kali dan satu buah trofi Liga Spanyol bersama Real Madrid. Belum lagi ditambah deretan piala domestik di keempat negara plus dua trofi Liga Europa.

Kontrak Rafael Benitez bersama Newcastle sendiri akan habis pada 30 Juni 2019 mendatang. Benitez membawa The Magpies, julukan Newcastle, finis di peringkat ke-13 klasemen akhir liga Inggris dengan mengumpulkan 45 poin pada akhir musim ini.

Newcastle United bisa menjadi perusak dominasi big six di Premier League jika Newcastle jadi diakuisisi dan Jose Mourinho menjadi pelatihnya. Big six sendiri terdiri dari Manchester City, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal dan Manchester United.

Dengan kekayaan yang melimpah maka bukan tidak mungkin Newcastle United akan menjadi The New Chelsea dan Manchester City yang sudah merasakan perubahan besar dan saat ini menjadi klub elite liga Inggris. Pemain-pemain bintang mungkin saja akan berlabuh di St. James Park dengan iming-iming gaji selangit dan menjadikan Newcastle sebagai klub elite liga Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2