Mohon tunggu...
Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Mohon Tunggu... better than yesterday

alexanderyosafat.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Portugal Juara UEFA Nations League

10 Juni 2019   04:36 Diperbarui: 10 Juni 2019   04:37 0 3 0 Mohon Tunggu...
Portugal Juara UEFA Nations League
mirror.co.uk

Portugal akhirnya keluar sebagai juara UEFA Nations League setelah di partai final berhasil mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0. Bermain di rumah dan di hadapan pendukung sendiri memang memberikan Portugal keuntungan. Gol semata wayang Portugal sendiri dicetak oleh Guedes pada menit ke-60.

Kemenangan ini pun membuat Portugal berhak menjadi negara pertama yang menjuarai ajang UEFA Nations League plus lolos ke Euro 2020. Belanda berada di posisi runner-up, sedangkan beberapa jam sebelumnya Inggris sudah memastikan diri menjadi juara ketiga, setelah mengalahkan Swiss lewat adu penalti.

Babak Pertama

Dalam pertandingan di hadapan publik sendiri di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dinihari WIB, Portugal melakukan lebih banyak ancaman ke gawang Belanda. Pada babak pertama saja, total ada sebanyak 12 percobaan yang dilakukan Cristiano dkk yang terdiri dari lima tembakan yang melebar, empat tembakan lainnya mencapai sasaran, sementara tiga sisanya gagal mencapai gawang Belanda karena diblok pemain lawan.

Para pemain depan yang dimiliki Portugal, mulai dari Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, hingga Bruno Fernandes berkali-kali mengancam gawang Jesper Cillessen. Namun babak pertama tidak ada gol yang tercipta dan kedudukan masih tetap 0-0.

Babak Kedua

Pelatih Belanda, Ronald Koeman melakukan perubahan strategi di awal pertandingan babak kedua dengan memasukkan Quincy Promes untuk menggantikan Ryan Babel. Perubahan ini membuat Belanda lebih berani keluar menyerang. Meski demikian, Belanda masih saja kesulitan membongkar pertahanan rapat tuan rumah.

Malapetaka datang bagi Belanda pada menit ke-60, setelah terus-menerus gagal membobol gawan Cillessen, Portugal akhirnya berhasil memecah kebuntuan lewat tembakan dari Goncalo Guedes meneruskan assist Bernardo Silva. Bernardo Silva melakukan umpan tarik dari sisi kanan kotak penalti Belanda, Guedes bisa melepaskan tendangan dari tepi muka kotak penalti yang gagal dihalau oleh Cillessen, 1-0 Portugal kini memimpin atas Belanda.

Tertinggal 1-0 membuat Belanda lebih keluar menyerang. Pada menit ke-65, striker Belanda, Memphis Depay menyundul umpan silang dari Donny van de Beek. Walaupun sudah menemui sasaran, tapi belum membuahkan hasil bagi Belanda. Rui Patricio bermain cukup disiplin menjaga gawang Portugal.

Pun usaha tendangan jarak jauh de Roon yang masih melambung di atas gawang Portugal. Portugal sendiri juga sempat memperoleh peluang emas untuk menambah keunggulan lewat Nelson Semedo, tapi usahanya gagal dan tidak merubah keadaan. Skor 1-0 untuk kemenangan Portugal pun menjadi hasil akhir laga ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2