Mohon tunggu...
Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Mohon Tunggu... better than yesterday

alexanderyosafat.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Jelang Final UEFA Nations League Portugal vs Belanda

9 Juni 2019   12:56 Diperbarui: 9 Juni 2019   18:50 0 3 1 Mohon Tunggu...
Jelang Final UEFA Nations League Portugal vs Belanda
sportbible.com

Belanda akan menghadapi Portugal dalam partai final UEFA Nations League pada Senin dini hari, 10 Juni 2019 pukul 01.45 WIB di Estadio do Dragao, Portugal. Portugal melaju ke final setelah mengalahkan Swiss di semifinal dengan skor 3-1 lewat hat-trick Cristiano Ronaldo. Itu adalah hat-trick ke-53 Cristiano Ronaldo sepanjang kariernya. 

Sehari berselang, timnas Belanda berhasil menyusul Portugal ke partai puncak setelah  berhasil menumbangkan Inggris juga dengan skor 3-1 lewat perpanjangan waktu dengan dibantu dua blunder konyol pemain Inggris. Dengan hasil tersebut Inggris akan menghadapi Swiss di perebutan tempat ketiga, sedangkan Portugal dan Belanda berhadapan di partai final untuk memperebutkan gelar juara.

UEFA Nations League sendiri merupakan sebuah turnamen baru yang diselenggarakan oleh UEFA. Ini merupakan turnamen edisi pertama dan menjadikan turnamen ini sebagai pra kompetisi Euro 2020. Pemenang turnamen ini berhak lolos langsung ke putaran final Euro 2020 tanpa perlu mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu.

Mega bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, memberikan pujian kepada Timnas Belanda. Ia menilai Belanda sebagai lawan yang tangguh dan cocok untuk lawan di partai final.

"Belanda adalah tim yang sangat baik. Mereka telah bermain cukup baik. Saya telah menonton mereka dalam pertandingan terakhir. Mereka memiliki skuat yang sangat baik dengan pemain hebat, kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman membuat tim mereka kuat," kata Ronaldo, dikutip dari Sportskeeda.

Jika melihat sejarah pertemuan kedua tim, Portugal memang unggul atas Belanda. Namun di pertemuan terakhir, Belanda sukses membekuk Selecao dengan skor 3-0 dengan susunan pemain yang cukup mirip, sehingga Portugal tahu bahwa mereka akan salah besar jika meremehkan anak asuh Ronald Koeman tersebut. Belanda berbenah besar-besaran setelah tidak lolos ke piala dunia 2018 dan kini menjadi salah satu finalis UEFA Nations League dimana di fase grup menyingkirkan juara dunia 2018 Prancis, juara dunia 2014 Jerman dan di semifinal mengalahkan Inggris.

Secara garis besar kekuatan kedua tim ini relatif cukup berimbang. Ronaldo tentu menjadi pemain Portugal paling diwaspadi oleh Belanda. Tetapi Belanda memiliki duet bek tangguh dalam diri Virgil van Dijk dan Matthijs de Ligt, tentu tidak akan mudah bagi Ronaldo mengobrak-abrik pertahanan Belanda. 

Walaupun Portugal bukan hanya Ronaldo seorang, tetap saja peran Ronaldo di Portugal sangat besar dan vital. Menarik kita saksikan apakah van Dijk yang dijuluki bek terbaik di dunia saat ini melawan pemain yang kerap mendapatkan label sebagai pemain terbaik dunia, Ronaldo.

Portugal akan mendapatkan tenaga tambahan karena bermain di rumah sendiri yang tentu akan memberikan tambahan semangat para pemainnya untuk berjuang lebih dan juga sebagai juara bertahan Euro, tentu Portugal ingin mendapatkan tiket lolos otomatis ke Euro 2020 agar bisa mempersiapkan tim dengan lebih matang.

Di kubu Belanda memang peran bek sangat mencolok, tetapi ada satu pemain yang wajib diwaspadai Portugal. Ia adalah gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. Frenkie de Jong bermain sangat baik pada partai semifinal melawan Inggris dan terpilih sebagai MOTM. Ia menjaga lini tengah Belanda dengan sangat baik dan membantu mengalirkan bola kepada lini depan Belanda yang dipimpin oleh Memphis Depay.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3