Mohon tunggu...
Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Mohon Tunggu... better than yesterday

alexanderyosafat.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bayern Juara Bundesliga, Bukti Ini Musimnya Petahana

19 Mei 2019   04:15 Diperbarui: 19 Mei 2019   04:23 0 3 0 Mohon Tunggu...
Bayern Juara Bundesliga, Bukti Ini Musimnya Petahana
bola.net

Bayern Munchen berhasil menjuarai Bundesliga dengan menumbangkan Eintracht Frankfurt di pertandingan terakhir 5-1, unggul dua poin dari peringkat kedua Borussia Dortmund yang di pertandingan akhir juga mampu menang atas lawannya Borussia Monchengladbach.

Pertandingan digelar di Allianz Arena, Sabtu 18 Mei 2019 malam WIB. Kingsley Coman mengawali pesta gol Bayern usai mencetak gol cepat di menit keempat. Namun, Eintracht Frankfurt kemudian mengejutkan tuan rumah setelah menciptakan gol balasan di awal babak kedua tepatnya menit ke-50 lewat gol dari Sebastien Haller. Namun setelahnya Bayern tidak terhentikan dengan menggelontorkan empat gol tambahan melalui David Alaba, Renato Sanches, Franck Ribery dan Arjen Robben. Dengan hasil ini Bayern berhak atas posisi teratas klasemen akhir dengan 78 poin, unggul dua poin dari rivalnya Borussia Dortmund, yang finis kedua.

Statistik dari GracenoteLive mengemukakan, titel ini memasukkan Bayern ke sebuah daftar tim eksklusif. The Bavarians menjadi tim ketiga di lima Liga top Eropa yang juara domestik setidaknya tujuh kali berturut-turut, setelah Olympique Lyon dan Juventus.

Olympique Lyon mendominasi Ligue 1 pada 2001/2002 hingga 2007/2008. Sedangkan Juventus menghasilkan gelar Liga Italia kedelapan beruntun, yang dimulai pada musim 2011/12 sampai musim ini 2018/2019.

Bayern sendiri masih berpeluang menambah trofi domestik lain. Bayern berhasil melaju ke final Piala DFB, dimana mereka sudah ditunggu oleh RB Leipzig. Final akan digelar pada Minggu 26 Mei 2019 dinihari WIB.

Lima liga yang dikatakan teratas di Eropa adalah Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Jerman dan Liga Prancis. Dan dari kelima liga teratas ini, sang petahana atau sang juara bertahan berhasil back to back juara atau berhasil mempertahankan gelar juaranya.

PSG, Juventus dan Barcelona telah memastikan jauh-jauh hari gelar juara liga yang didapat. Sementara Manchester City dan Bayern Munchen harus memastikan gelar juara di pertandingan terakhir. Baik City maupun Bayern sempat tertinggal oleh lawan masing-masing. Liverpool sempat unggul sampai 10 poin dari City namun pada akhirnya City kembali berhasil mempertahankan gelar juara dan hal yang sama terjadi di Bundesliga dimana Dortmund yang sempat unggul jauh atas Bayern di paruh pertama musim akan tetapi Bayern bangkit dan membalikkan keadaan hingga akhirnya berhasil mempertahankan gelar juaranya.

Hal ini menandakan bahwa petahana dapat mempertahankan gelar juaranya di semua liga teratas di Eropa. Juventus berhasil meraih juara delapan musim berturut-turut dan belum menemukan tim yang bisa mengimbanginya di Serie A Italia, Bayern Munchen juga menjuarai Bundesliga tujuh musim beruntun, walaupun sempat beberapa kali mendapatkan saingan. Namun Bayern berhasil mengatasinya.

Sedangkan PSG, Barcelona dan Manchester City berhasil mempertahankan gelar juara dua musim beruntun. PSG di musim 2016/2017 kalah oleh AS Monaco, Barcelona di musim yang sama kalah oleh Real Madrid dan Manchester City di musim yang sama kalah oleh Chelsea.