Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Penulis

alexanderyosafat.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Wasit Final UCL dan UEL

16 Mei 2019   07:20 Diperbarui: 16 Mei 2019   08:43 41 1 1
Inilah Wasit Final UCL dan UEL
UEFA.com

Laga final kompetisi Eropa UCL dan UEL memang masih lama. Laga final UEL akan digelar lebih dulu yang mana mempertemukan dua klub kota London Chelsea dan Arsenal yang baru akan digelar pada tanggal 29 Mei 2019 di Baku, Azerbaijan, sedangkan final UCL antara Liverpool dan Tottenham Hotspur dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2019 di Madrid, Spanyol.

Salah satu faktor penentu jalannya pertandingan adalah wasit, dan Federasi sepak bola Eropa atau yang biasa dikenal dengan Union of European Football Associations (UEFA) telah mengumumkan wasit beserta jajarannya yang akan memimpin jalannya final UCL maupun UEL.

WASIT FINAL UCL

UEFA.com
UEFA.com

Untuk partai final UCL antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol akan dipimpin oleh wasit asal Slovenia berusia 42 tahun, Damir Skomina. Terakhir kali Damir Skomina memimpin laga UCL adalah pertandingan antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester United dalam babak 16 besar Liga Champions di Stade de France, pada 7 Maret 2019, yang mana pada laga itu berakhir untuk kemenangan tim tamu Manchester United 1-3 dan membuat Manchester United lolos ke babak perempat final UCL.

Pada laga itu, Damir Skomina membuat keputusan kontroversial saat memberikan penalti kepada Man United pada injury time babak kedua. Dia memberikan penalti karena tendangan dari Diogo Dalot dinilai terkena tangan dari bek PSG, Presnel Kimpembe.

Damir Skomina sendiri sudah lima kali memimpin pertandingan Liverpool dan tiga kali memimpin pertandingan Tottenham Hotspur. Dari lima pertandingan Liverpool yang dipimpin oleh Skomina, Liverpool mengalami empat kekalahan dan hanya sekali menang, sedangkan Tottenham dua kali hasil imbang dan satu kekalahan serta belum pernah meraih kemenangan.

LIVERPOOL
UCL fase grup 18/19
Liverpool 1-0 Napoli

UCL semi-final 17/18
Roma 4-2 Liverpool

UEL semi-final 15/16
Villarreal 1-0 Liverpool

UEL 32 besar 14/15
Besiktas 1-0 Liverpool

UCL fase grup 09/10
Liverpool 1-2 Fiorentina

14 kartu kuning (7 Liverpool)
1 penalti (0 Liverpool)

TOTTENHAM

UEL 16 besar 13/14
Benfica 2-2 Tottenham

UCL fase grup 10/11
Internazionale 4-3 Tottenham

UEFA Cup fase grup 07/08
Anderlecht 1-1 Tottenham

11 kartu kuning (4 Tottenham)
1 kartu merah (1 Tottenham)
3 penalti (2 Tottenham)

Wasit Utama : Damir Skomina (Slovenia)

Asisten Wasit : Jure Praprotnik, Robert Vukan (keduanya Slovenia)

Wasit Cadangan : Antonio Mateu Lahoz (Spanyol)

Video Assistant Referee : Danny Makkelie (Belanda)

VAR Assistants : Pol van Boekel (Belanda), Felix Zwayer (Jerman), Mark Borsch (Jerman)

WASIT FINAL UEL

football5star.com
football5star.com

Final UEL antara Chelsea melawan Arsenal di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan akan dipimpin wasit asal Italia berusia 45 tahun, Gianluca Rocchi. Rocchi akan memimpin laga final UEL pertamanya, setelah sebelumnya pernah bertugas sebagai ofisial keempat dalam final edisi 2010 antara Atletico Madrid vs Fulham, serta final Liga Europa 2017 antara Ajax Amsterdam vs Manchester United. Pada tahun yang sama, ia bertugas memimpin laga Piala Super Eropa antara Manchester United vs Real Madrid.

Ada satu fakta menarik yang membuat kepemimpinan Rocchi jelang laga final UEL yang mungkin diragukan. Rocchi seperti dikutip football5star.com dari worldreferee, Rabu (15/5/2019) pernah terseret di kasus Calciopoli yang melibatkan petinggi Juventus, Luciano Moggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2