Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Saat Pemain Papua "Go Nasional" di Liga 1 2022/2023

21 September 2022   18:02 Diperbarui: 22 September 2022   13:30 720 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Boaz Solossa, salah satu pemain asal Papua yang kini membela PSS Sleman untuk musim 2022-2023.|Dokumentasi PSS Sleman via Kompas.com

Bicara soal sepak bola nasional, satu hal yang sudah lama cukup lekat dengannya keberadaan pemain-pemain asal Papua. Fisikalitas dan keterampilan individu mereka yang unik telah menjadi satu warna unik tersendiri.

Secara tim, klub-klub dari Bumi Cenderawasih ini juga hadir di kasta tertinggi. Mulai dari yang hanya numpang lewat sampai jadi pesaing juara.

Selain Persipura Jayapura yang meraih 4 gelar juara dan pernah melangkah jauh di Piala AFC, sempat hadir juga Persiwa Wamena yang terkenal jago kandang, Persidafon Dafonsoro, Persiram Raja Ampat, dan Perseman Manokwari.

Soal talenta individu, pemain asal Papua juga rutin hadir di sepak bola nasional, termasuk Timnas Indonesia. Mulai dari Adolf Kabo di era 1980-an sampai Ricky Kambuaya di era terkini, hampir selalu ada talenta dari ujung timur Nusantara yang hadir.

Pengakuan soal reputasi hebat Papua bahkan diwujudkan pemerintah, saat Presiden Jokowi meresmikan akademi sepak bola baru-baru ini.

Hanya saja, sedikit pemandangan berbeda hadir di Liga 1 musim 2022-2023. Terdegradasinya Persipura Jayapura ke Liga 2 membuat Papua tak punya klub representasi, setidaknya sampai akhir musim.

Tapi, terdegradasinya Tim Mutiara Hitam justru menghadirkan satu fenomena unik, yakni kehadiran pemain asal Papua di sejumlah klub Liga 1.

Selain nama-nama "Papua Rantau" yang sudah lebih dulu eksis di perantauan, seperti Ruben Sanadi (Bhayangkara FC), Andri Ibo (Persis Solo), Terens Puhiri (Borneo FC), dan Titus Bonai (PSIS Semarang), muncul juga nama-nama lain di Liga 1. Bahkan, ada klub yang merekrut beberapa pemain asal Papua dalam satu tim.

Satu yang paling kelihatan adalah "gerbong Persipura" di Persita Tangerang. Disebut demikian, karena mereka punya lima eks pemain Persipura di tim, yakni Elisa Basna, Israel Wamiau, Yohanes Kandaimu, Nelson Alom, dan Dominggus Fakdawer.

Bukan cuma pemain, pelatih Pendekar Cisadane juga merupakan eks pelatih Persipura Jayapura musim lalu, yakni Angel Alfredo Vera. Aroma Persipura juga semakin terasa, karena ada juga Ramiro Fergonzi, pemain asal Argentina yang musim lalu bermain di Tim Mutiara Hitam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan