Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Paul Pogba: Dua Klub, Dua Wajah

25 Juni 2022   13:25 Diperbarui: 26 Juni 2022   06:45 938 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Paul Pogba, bolak-balik di Manchester United dan Juventus (Sumber gambar: Foto kolase Ki: Twitter Fabrizio Romano|Ka: Getty Images via Libero.id)

Bicara soal kiprah Paul Pogba di level senior klub, ada dua klub yang jadi panggung utamanya, yakni Juventus dan Manchester United. Uniknya, di dua klub itulah, Pogba juga menampilkan dua wajah berbeda.

Wajah pertama, yakni kontroversial, jadi warna dominan selama kiprahnya di Manchester United, baik di periode pertama maupun keduanya. Di periode pertama, Pogba masuk dengan diiringi kontroversi.

Penyebabnya, The Red Devils dinilai melakukan pendekatan ilegal tanpa sepengetahuan Le Havre, klub tempat si pemain bernaung pada tahun 2009. Belakangan, kasus ini berakhir damai, setelah kedua klub mencapai kesepakatan bersama soal biaya transfer yang nilainya dirahasiakan.

Setelahnya, adik Florentin Pogba ini lalu bermain di akademi Manchester United dan menjalani debut tim senior pada tahun 2011. Perkembangannya yang cukup pesat membuat Sir Alex Ferguson lalu mempromosikannya ke tim utama di musim 2011-2012.

Tapi, seperti kedatangannya, kepergiannya pun diiringi kontroversi. Pemain berpaspor Prancis ini pergi ke Juventus pada musim panas 2012 secara gratis, setelah enggan memperpanjang kontrak di Teater Impian.

Pada prosesnya, kontroversi mencuat, karena Sir Alex Ferguson menilai Pogba kurang menghargai klub, karena diduga sudah melakukan negosiasi diam-diam dengan tim raksasa Italia. Situasi makin panas, karena Fergie diketahui punya hubungan kurang baik dengan Mino Raiola, agen Pogba saat itu.

Meski datang sebagai pemain gratisan, kiprah pemain berdarah Guinea ini di kota Turin benar-benar moncer. Bersama Andrea Pirlo, Arturo Vidal dan Claudio Marchisio, Pogba menjelma jadi satu pilar tim di era dominasi domestik Si Zebra.

Perkembangannya yang sangat pesat di Italia juga merembet ke Timnas Prancis. Dimana, trofi Piala Dunia U-20 2013 dan penghargaan pemain terbaik turnamen sukses didapat.

Hasilnya, pemain kelahiran 15 Maret 1993 ini lalu mencatat debut timnas senior di tahun yang sama, sebelum akhirnya tampil di Piala Dunia 2014. Di turnamen ini, meski Les Bleus angkat koper di perempat final, sinar Pogba tetap mencorong, karena mendapat penghargaan Pemain Muda Terbaik turnamen.

Sejak saat itu, reputasi peraih Golden Boy tahun 2013 sebagai salah satu gelandang terbaik dunia terus berkembang. Tak ada lagi kontroversi, hanya puja-puji yang terus berdatangan, karena fokus penuhnya pada performa di lapangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan