Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Memaklumi Keputusan Luis Enrique

25 Mei 2021   17:47 Diperbarui: 25 Mei 2021   17:59 191 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memaklumi Keputusan Luis Enrique
Luis Enrique, pelatih Timnas Spanyol (tribunnews.com)

Jelang digelarnya Piala Eropa, satu persatu tim peserta mengumumkan daftar pemain. Ada yang sesuai prediksi, ada juga yang mengejutkan.

Salah satu tim yang membuat kejutan adalah Timnas Spanyol. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Tim Matador, tak ada pemain Real Madrid yang disertakan di sebuah turnamen besar.

Jika melihat melihat profil El Real sebagai salah satu klub terbesar dan tersukses di Spanyol (dan Eropa), keputusan pelatih Luis Enrique tentu sedikit membingungkan. Apalagi, jika melihat fakta bahwa pemain Real Madrid dari negara lain bisa masuk Timnas masing-masing.

Sebagai contoh, Timnas Belgia tetap menyertakan nama Eden Hazard, meski dirinya kerap absen karena cedera. Ada juga nama Karim Benzema yang akhirnya masuk di Timnas Prancis, setelah beberapa tahun ditepikan, meski sebenarnya konsisten tampil bagus di klub.

Jika melihat latar belakangnya sebagai eks pemain dan pelatih Barcelona, maka tak sulit untuk menilai, Luis Enrique punya bias dalam pemilihan pemain. Dengan posisinya sebagai pelatih La Furia Roja, ia punya kuasa untuk melakukannya.

Tapi pendapat anti-Madrid ini sangat kekanak-kanakan, karena sebelum menjadi kapten tim di Barcelona, Enrique pernah berseragam Real Madrid.

jika melihat situasinya, pemain Spanyol di Real Madrid memang sedang menjalani musim yang rumit. Kebanyakan mengalami cedera atau penurunan performa sepanjang musim 2020/2021.

Setidaknya ada 7 pemain Spanyol yang bermain di Madrid. Dua berposisi sebagai bek tengah (Sergio Ramos, Nacho Fernandez), dua sebagai bek sayap (Alvaro Odriozola, Dani Carvajal), dua sebagai penyerang sayap (Marco Asensio, Lucas Vazquez), dan satu gelandang (Isco).

Tapi, mereka semua terpinggirkan oleh pemain yang lebih fit dan sedang dalam performa bagus. Di posisi bek misalnya, Enrique memasukkan nama Eric Garcia dan Aymeric Laporte, yang menjadi juara Liga Inggris di Manchester City.

Ada juga Pau Torres yang membantu Villarreal lolos ke final Liga Europa, dan Cesar Azpilicueta yang membantu Chelsea lolos ke final Liga Champions dan Piala FA bersama Chelsea.

Di lini serang, Enrique memanggil Dani Olmo (RB Leipzig), Ferran Torres (Manchester City), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Pablo Sarabia (PSG), dan Adama Traore (Wolverhampton Wanderers). Mereka umumnya tampil bagus dan rutin bermain di klub masing-masing, dengan atribut utama yang bisa diandalkan Enrique.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN