Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengintip Peluang Eksodus Pemain Nasional

21 November 2020   13:19 Diperbarui: 21 November 2020   13:22 45 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Peluang Eksodus Pemain Nasional
Todd Rivaldo Ferre (Tribunnews.com)

Kelanjutan kompetisi Liga 1, karena imbas pandemi Corona, dan masih terkendala masalah izin kepolisian masih belum jelas. Akibatnya, banyak pemain yang hengkang dari klub, atau mengikuti turnamen tarkam demi menyambung hidup.

Ini menjadi cerita suram lain di sepak bola nasional, karena kompetisi liga di negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand sudah kembali bergulir. Sebelumnya, pandemi Corona memang membuat kompetisi di berbagai negara terhenti sejenak, tapi tak sampai berkepanjangan seperti di Indonesia.

Tapi, kembali bergulirnya liga-liga negara tetangga justru membuka satu peluang unik buat pemain asal Indonesia. Ya, peluang itu adalah peluang untuk bermain di luar negeri.

Kebetulan, sudah ada pemain Indonesia yang memastikan diri bermain di luar negeri, yakni Todd Rivaldo Ferre (21). Pemain Persipura Jayapura ini resmi dipinjam Lampang FC, klub kasta kedua Liga Thailand selama tiga bulan, dengan opsi perpanjangan sampai April 2021.

Nama-nama lain yang juga dilirik klub-klub negara tetangga antara lain Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama, dan Rezaldi Hehanusa. Dua nama pertama diincar klub-klub Liga Malaysia, sementara nama terakhir dibidik klub Liga Thailand.

Tentunya, ini menjadi satu pilihan menarik, karena baik Liga Malaysia maupun Thailand sama-sama punya kebijakan slot pemain asing asal Asia Tenggara. Jadi, pemain asal Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Meski tergolong tak biasa, bermain di luar negeri akan jadi pilihan ideal. Karena, selain menambah pengalaman, kebugaran pemain tetap terjaga, dan beban finansial klub pun berkurang.

Sebagai contoh, meski berstatus pemain pinjaman, gaji Todd Rivaldo Ferre ditanggung penuh oleh Lampang FC. Otomatis, beban finansial Persipura pun bisa berkurang.

Tak menutup kemungkinan, klub-klub Liga 1 lainnya akan menerapkan gaya serupa, jika ada tawaran dari luar negeri datang. Kali ini, keadaan akan memaksa mereka untuk mau melepas si pemain, bahkan jika ternyata status pemain pinjaman tersebut berubah jadi permanen.

Dari segi peluang, kemungkinan pemain asal Indonesia bermain di Liga Malaysia dan Thailand cukup besar. Selain karena faktor regulasi, besaran gaji pemain Indonesia masih relatif terjangkau bagi klub-klub Liga Malaysia dan Thailand.

Ini jelas merupakan satu bonus tersendiri, karena pemain-pemain asal Indonesia pernah punya jejak positif. Meskipun, ada juga yang hanya numpang lewat, alias hanya bermain sebentar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN