Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Tsimikas, Manuver Cerdas Liverpool

11 Agustus 2020   07:55 Diperbarui: 30 Agustus 2020   16:03 779 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tsimikas, Manuver Cerdas Liverpool
Liverpool resmi mendatangkan bek kiri asal Yunani, Kostas Tsimikas. (Tangkapan layar Twitter Liverpool FC)

Bukan Aissa Mandi (Real Betis) atau Jamal Lewis (Norwich City) tapi, Kostas Tsimikas (24). Inilah transfer pertama Liverpool di musim panas.

Bek Timnas Yunani ini diboyong Liverpool dengan ongkos transfer 11.75 juta pounds dari Olympiakos Piraeus, klub juara Liga Yunani, Senin (10/8, GMT). Di Merseyside, Tsimikas diikat kontrak selama lima tahun.

Jika melihat prosesnya, transfer ini tergolong cepat dan tak terduga. Maklum, sebelumnya Liverpool mengejar Jamal Lewis, tapi berhubung Norwich kukuh "jual mahal", maka Liverpool langsung bergegas mencari alternatif yang lebih masuk akal.

Alhasil, Tsimikas langsung diboyong ke Anfield. Dalam hal popularitas, bek kiri yang diplot sebagai pelapis Andrew Robertson ini memang masih asing. Hanya segelintir informasi yang memuat aksinya di lapangan hijau. Tapi, jika melihat posisinya sebagai pemain reguler Olympiakos, maka ini adalah satu transfer cerdas. 

Maklum, dengan posisi Olympiakos sebagai klub langganan juara Liga Yunani, klub yang pernah diperkuat Rivaldo (legenda Timnas Brasil) ini juga menjadi salah satu wakil reguler Yunani di kompetisi Eropa, baik di ajang Liga Champions maupun Liga Europa.

Jadi, harga transfer yang dibayarkan Liverpool ke Olympiakos bisa dibilang sangat terjangkau. Maklum, Tsimikas sudah punya jam terbang tampil di kompetisi Eropa, selama berseragam Merah-Putih khas Olympiakos.

Selain itu, Tsimikas juga pernah mencicipi kompetisi Liga Denmark bersama Esbjerg, dan Liga Belanda bersama Willem II. Pengalaman ini didapat Tsimikas antara tahun 2016-2018, sebagai pemain pinjaman dari Thrylos (Sang Legenda, julukan Olympiakos).

Teraktual, pemain bernomor punggung 21 ini sempat tampil di babak perdelapan final Liga Europa melawan Wolverhampton Wanderers (Inggris). 

Meski Si Merah-Putih kalah agregat 1-3, performa Tsimikas tetap mendapat kredit, karena mampu meredam agresivitas Adama Traore, sayap cepat berotot andalan Wolves.

Dari sini saja, sudah tergambar bagaimana kualitas Tsimikas. Boleh dibilang, kedatangan bek kidal ini merupakan satu strategi Klopp untuk menghadirkan persaingan, sekaligus memberikan ruang jeda untuk Robertson.

Seperti diketahui, dengan catatan kebugarannya yang oke, Robertson jarang absen karena cedera. Kalaupun kapten Timnas Skotlandia ini harus absen, ada James Milner yang siap dijadikan bek kiri darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x