Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas India, Lain Dulu Lain Sekarang

7 Agustus 2020   22:49 Diperbarui: 7 Agustus 2020   22:36 85 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Timnas India, Lain Dulu Lain Sekarang
Logo AIFF, PSSI-nya India (Goal.com)

Bicara soal India, beberapa hal yang akan langsung terhubung dengannya adalah Bollywood, Mahatma Gandhi, Nehru, Shahrukh Khan. dan Taj Mahal. Kalaupun ada olahraga yang populer kriket menjadi yang teratas, disusul field hockey.

Popularitas kedua cabang olahraga tersebut menjadi yang teratas, karena India mampu meraih beberapa prestasi di tingkat dunia, termasuk medali emas Olimpiade. Untuk olahraga kriket. India mampu meraih dua gelar juara Piala Dunia Kriket (1983 dan 2011), dan menjadi salah satu tim kuat di cabor satu ini.

Dalam cabang olahraga sepak bola, India memang relatif tertinggal dibanding negara-negara lain di Asia. Secara regional pun, progres tim-tim di Asia Selatan relatif lambat, bahkan jika dibandingkan dengan Asia Tenggara belakangan ini.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola di Asia Tenggara, terutama di Filipina, Thailand dan Vietnam, terus berkembang. Ketiganya sempat lolos ke Piala Asia 2019, dengan dua tim yang disebut terakhir mampu lolos dari fase grup.

Tapi, Timnas India ternyata pernah mencapai masa keemasan, khususnya di era 1950-an dan 1960-an, atau tak lama setelah negara ini merdeka tahun 1947. Dalam kurun waktu ini, Timnas India tampil di Piala Asia, Olimpiade, Asian Games, dan lolos ke Piala Dunia.

Di ajang Olimpiade, India sempat lolos empat kali beruntun, yakni pada edisi 1948, 1952, 1956, dan 1960. Inilah penampilan Timnas sepak bola India di Olimpiade hingga kini. Dari keempat edisi ini, penampilan terbaik Tim Macan Biru tersaji di Olimpiade Melbourne 1956.

Dalam kesempatan ini, India langsung lolos ke babak perempat final, setelah juara bertahan Hungaria mengundurkan diri akibat tak bisa berpartisipasi. 

Kebetulan, pada periode itu, Hungaria memang sedang mengalami gejolak politik, yang memaksa pemain kunci macam Ferenc Puskas dan Zoltan Czibor hengkang ke luar negeri.

Di babak perempatfinal, India membuat kejutan, dengan menekuk tuan rumah Australia 4-2, berkat trigol Neville D'Souza. Mereka menjadi tim Asia pertama yang mencapai semifinal Olimpiade cabor sepakbola.

Meski kalah 1-10 dari Yugoslavia di semifinal, India tetap mampu mencatat prestasi lain di Australia, setelah D'Souza menjadi top skorer dengan torehan empat gol. Cabor sepakbola Olimpiade 1956 sendiri akhirnya dimenangkan oleh Uni Soviet, yang kala itu diperkuat kiper legendaris Lev Yashin.

Aksi Timnas India di Olimpiade Melbourne (Sportskeeda.com)
Aksi Timnas India di Olimpiade Melbourne (Sportskeeda.com)
Pada prosesnya, Tim Beruang Merah menyingkirkan Indonesia di perempat final dengan skor 3-0. Kala itu, pertandingan ini dilangsungkan dua kali, karena belum ada babak perpanjangan waktu dan adu penalti. Dalam pertandingan pertama, Ramang dkk mampu mengimbangi Uni Soviet tanpa gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN