Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer merangkap Karyawan Swasta

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sekuel Cedera Ousmane Dembele

17 Januari 2018   08:03 Diperbarui: 17 Januari 2018   14:53 1348 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekuel Cedera Ousmane Dembele
(Skysport.com)

Muda dan berbakat, itulah atribut seorang Ousmane Dembele (20), penyerang Barcelona asal Prancis. Memang, sejak mulai bermain di Rennes (Prancis), dan berkembang pesat di Borussia Dortmund (Jerman), Dembele mampu muncul, sebagai salah satu pemain muda berbakat di Eropa. Bakat besarnya, membuat klub-klub besar Eropa berlomba-lomba mendekatinya.

Meski kebanjiran peminat, pada akhirnya Barcelona menjadi klub yang beruntung mendapatkannya. Dengan ongkos 105 juta euro, yang bisa bertambah menjadi 147 juta euro, tergantung performa si pemain di lapangan, Barca sukses mendaratkan Dembele dari Borussia Dortmund, di bursa transfer musim panas 2017, tak lama setelah melepas Neymar ke PSG dengan harga 222 juta euro.

Awalnya, manajemen Barca memplot Dembele sebagai pengganti Neymar. Dembele diharapkan bisa cepat klop dengan skema bermain Barca, dan membentuk trisula baru di lini depan, bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Jelas, dengan usianya yang masih muda, plus bakat besar yang dimilikinya, Barca berharap banyak pada Dembele.

Tapi, harapan tinggal harapan. Saat menjalani laga debutnya sebagai starter di markas Getafe, September 2017 silam, Dembele malah mengalami cedera robek otot betis. Akibatnya, ia harus absen selama 3 bulan lebih. Penampilan perdananya pascacedera, terjadi saat Barca bermain imbang 1-1 melawan Celta Vigo di ajang Copa del Rey.

Dembele lalu tampil kembali, saat Barca mengalahkan Levante 3-0, Minggu (7/1) silam. Dalam laga itu, ia tampil sebagai starter, meski tak bermain penuh. Selanjutnya, ia tampil sebagai pemain pengganti, saat Barca mengalahkan Celta Vigo 5-0 di ajang Copa del Rey, dan menang 4-2 atas Real Sociedad di liga, Minggu (14/1, waktu Spanyol.

Situasi ini seolah menjadi sinyal positif. Tapi, tak disangka, pada Senin (15/1), Dembele kembali mengalami cedera. Kali ini, ia mengalami cedera otot paha, dan harus absen selama sebulan. Praktis, peluang tampilnya bersama Barca kian terbatas. Selain itu, ia juga terancam absen di Piala Dunia 2018. Minimnya penampilan Dembele di Barca, membuatnya terancam tak dipanggil timnas Prancis.

Dari sebuah harapan besar di awal kedatangannya, Dembele kini menjadi satu kekhawatiran bagi Barca. Cedera yang datang berurutan bak sekuel film laga, membuatnya sulit bersinar di tahun pertamanya bersama Barca. 

Satu-satunya hal positif, yang bisa jadi disyukuri manajemen Barca adalah, cedera Dembele membuat mereka tak harus repot membayar uang bonus performa Dembele ke Dortmund. Boleh dibilang, situasi ini menjadi "blessing in disguise", alias berkah terselubung bagi Barca, sekaligus menyiratkan, musim ini belum menjadi giliran Dembele untuk bersinar.

Sumber data: dikutip dari goal.com dan whoscored.com (16/1)

VIDEO PILIHAN