Mohon tunggu...
Yosh Widyawan
Yosh Widyawan Mohon Tunggu... Guru - 🇮🇩

☕ Sekedar penikmat rasa, kata dan makna📝

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Utamakan Selamat!

28 Januari 2022   09:43 Diperbarui: 8 Februari 2022   19:51 1167 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto oleh cottonbro dari Pexels 

Berkendara di jalan memang banyak godaannya. Salah satunya godaan "Emak-emak hendak belok kanan, tapi lampu sein nyala sebelah kiri" Bikin deg-degan, hihihi...

Terkadang kita berada dalam situasi yang mengharuskan kita terburu-buru dalam berkendara. Ketika berangkat sekolah atau kerja dipagi hari misalnya. Banyak pengendara sepeda motor maupun roda empat melaju dengan cepat, berusaha agar tidak terlambat sampai tempat tujuan.

Dan tak jarang situasi ini menimbulkan berbagai persoalan. Ada yang melanggar lampu merah, sembarangangan memainkan klakson bahkan mainkan gas dengan suara knalpot membisingkan telinga. Ada yang lupa membawa surat-surat kendaraan, kurang fokus dalam berkendara hingga yang parah terjadi kecelakaan lalu lintas.

Alasan situasi terburu-buru mungkin bisa sedikit dipahami, tapi membahayakan diri sendiri dan orang lain itu yang perlu dipikirkan. Ngebut jika tidak hati-hati bisa menimbulkan masalah baru. 

Tetap waspada, berhati-hati di jalan dan jangan lupakan persiapan. Upayakan kondisi kendaraan aman, periksa surat kendaraan dan selalu perhatikan pengaman seperti helm atau menggunakan sabuk pengaman.

Dalam situasi santai atau tidak terburu-buru pun masih ada pengendara yang kurang mempedulikan keselamatan. Sebagian besar anak muda hingga anak dibawah umur yang menganggap ugal-ugalan di jalan adalah tantangan keren memicu adrenalin.

Di jalan tol pun juga tempat yang menggoda untuk kebut-kebutan. Menggoda untuk uji nyali sampai sejauh mana keberanian memacu kecepatan kendaraan. Dan sudah banyak contoh adanya kecelakaan di jalan tol yang merenggut korban. Jadi perlu berpikir ulang untuk ngebut, sesuai aturan antara 60 km-80 km/ jam kecepatan atau sesuai batasan lain yang ditentukan di setiap lintasan.

Dapat menunjukkan kehebatannya di jalan raya, sepertinya menjadi suatu kebanggaan. Maka tidak heran banyak anak muda begitu "menyayangi" kendaraannya. 

Aneka modifikasi nampak ditunjukkan di media sosial, baik sepeda motor maupun mobil. Dibuat sedemikian rupa dengan harapan menunjukkan karakter pemiliknya.

Modifikasi sebagai ekspresi anak muda yang berani tampil beda. Kendaraan begitu terawat dan nampak kinclong setiap hari. Namun perlu berhati-hati jika modifikasi kendaraan berlebihan, tidak memperhatikan standar keselamatan. Seperti meniadakan spion, lampu sein, menutupi plat nomor kendaraan, menggunakan lampu strobe pada motor dan mobil, lampu yang terlalu menyilaukan, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan