Yosep Efendi
Yosep Efendi Dosen

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Deretan Mobil Paling "Menghebohkan" 2018

3 Januari 2019   15:14 Diperbarui: 4 Januari 2019   07:27 2291 4 3
Deretan Mobil Paling "Menghebohkan" 2018
Lima Mobil Yang Paling Menghebohkan Tahun 2018 | Sumber Gambar: Koleksi Pribadi, toyota.astra.co.id ; mitsubishi-motors.co.id

Tahun 2018 sudah berakhir. Dalam setahun lalu, tahun 2018, tentu ada berbagai kesan yang membekas, peristiwa yang tak terlupakan, topic pembicaraan popular, barang-barang yang "mewabah" yang menjadi pembicaraan atau koleksi banyak orang. Tak terkecuali di dunia otomotif.

Pecinta atau pemerhati dunia otomotif, biasanya paham dengan perkembangan tren terkini. Bahkan, mengikuti berita berbagai perkembangan teknologi atau produk baru dari berbagai pabrikan. Tahun 2018, cukup menarik dibanding tahun 2017, terutama pasar otomotif Nasional.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran bergengsi otomotif saat IIMS dan GIIAS 2018 menjadi media produsen untuk memamerkan pengembangan produk lawas, pamer kendaraan konsep atau bahkan meluncurkan produk baru.

Intinya, pameran tersebut sangat ampuh untuk mendobrak pasar atau sekedar menaikkan pamor brand.

Berdasarkan pengamatan, saya coba merangkum pabrikan yang berhasil menaikkan pamor produknya sehingga laris di pasaran. Atau sekedar ramai diperbicancangkan masyarakat penggemar otomotif. Berikut ini daftar 5 mobil yang sangat popular pada tahun 2018.

Urutan Kelima: Duo Rush-Terios

Toyota Rush | sumber gambar: toyota.astra.co.id
Toyota Rush | sumber gambar: toyota.astra.co.id
Siapa yang tak kenal dengan Toyota dan Daihatsu? Selain kontribusi popularitas brand, tampilan all new Rush dan Terios memang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Astra memberikan sentuhan desain yang benar-benar berbeda dengan duo Rush-Terios. Duo Low-SUV tersebut tak lagi menggendong ban cadangan di bagian belakang, tak lagi menggunakan "konde". Tren meninggalkan Konde ini mengikuti jejak Honda CR-V.

Popularitas Rush-Terios diimbangi dengan angka penjualan yang cukup fantastis ditengah persaingan yang kompititif. Tahun 2018, angka wholesale All New Rush mencapai 49.649 unit, menguasai 10,9% penjualan di segemennya.

Sedangkan kembarannya, yaitu All New Terios mencapai 29.113 unit, mengambil bagian 6.3% pasar di segmennya. Bagaimana dengan competitor Rush-Terios di segmen Low SUV? Mari kita lihat Honda H-RV, yang ternyata data wholesales Januari-November "hanya" 28.275 unit. Jauh di bawah Rush dan mendekati Terios.

Urutan Keempat: Honda Brio RS Concept -- All New Brio 2018 

Honda Brio RS | foto dokumentasi pribadi
Honda Brio RS | foto dokumentasi pribadi
Popularitas generasi terbaru Brio berawal sejak pameran IIMS 2018, dengan tajuk Honda Small RS Concept. Puncaknya adalah saat peluncuran pada ajang GIIAS 2018.

Wholesales  Brio Generasi sebelumnya sempat melorot pada bulan Februari 2018 dan kembali naik pada Oktober 2018, seiring dengan mulai meluncurnya Brio RS ke pasaran.

Hingga November 2018, tampaknya permintaan Brio RS terus meningkat ditandai dengan meningkatnya jumlah Brio RS yang keluar dari pabrik dan semakin banyaknya Brio yang tampil di jalan raya. Tampaknya tampilan baru Brio diterima dengan baik oleh konsumen.

Urutan Ketiga: Jimny Concept

Jimny Concept | Foto dokumentasi pribadi
Jimny Concept | Foto dokumentasi pribadi
Nah, ini dia yang menjadi primadona saat GIIAS 2018. Jeep mini yang dijuluki "Baby Wrangler" ini menjadi salah satu pusat perhatian pengujung GIIAS 2018. Pertanyaan "kapan resmi diluncurkan?" dan "berapa harga jual?" adalah pertanyaan yang paling banyak dilontarkan pengunjung atau peminat ke SPG atau SPB.

Sayangnya, tak ada jawaban pasti dari pertanyaan tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang saya terima dari salah satu diler Suzuki di Yogyakarta, kabarnya sudah ada puluhan unit CBU Jimny terbaru yang sudah dipasarkan ke kalangan terbatas, dengan harga 400jutaan.

Jika melihat antusiasme masyarakat dalam menyambut kehadiran Jimny Concept ini dan ditambah "nama baik" Jimny sang legenda, rasanya penggemarnya akan rela merogoh kocek yang agak dalam untuk mendapatkan unit legenda hidup ini. Yaa, kita tunggu saja bagaimana kelanjutan Jimny Concept ini tahun 2019. Review Jimny Concept ada pada artikel saya yang sebelumnya, di sini.

Urutan Kedua: Mitsubishi Xpander

Mitsubishi XM Concept, cikal bakal Xpander | foto dokumentasi pribadi
Mitsubishi XM Concept, cikal bakal Xpander | foto dokumentasi pribadi
Saat awal peluncuran Mitsubishi XM Concept pada ajang IIMS 2017, sudah ada tanda-tanda Mitsubishi akan menggebrak pasar otomotif Nasional. Bahkan, digadang-gadang akan menguasai segmen MPV, mengalahkan dominasi pasar Avanza-Xenia.

Beberapa bulan setelah memamerkan XM Concept, Mitsubishi mengambil momentum GIIAS 2017 untuk memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Xpander.

Benar ternyata, XM Concept adalah cikal bakal Xpander, desainnya sangat identik. Dengan perpaduan konsep desain SUV dan fitur serta kenyamanan layaknya MPV, Xpander laris bak kacang godog.

Bahkan, calon konsumen rela menuggu berbulan-bulan untuk mendapat unitnya. Kondisi tersebut ternyata "menghambat" angka penjualan produk rivalnya.

Mitsubishi Xpander | sumber gambar: mitsubishi-motors.co.id
Mitsubishi Xpander | sumber gambar: mitsubishi-motors.co.id
Data wholesale dari Gaikindo diketahui bahwa angka Xpander keluar kandang hingga November 2018 sudah mencapai 71.219 unit, mengambil porsi 15 % di segmennya. Jauh meninggalkan Xenia yang hanya 27.078 unit dan semakin mengejar Avanza yang masih laris di angka 75.493 unit.

Tampaknya, cita-cita Mitsubishi untuk merebut pasar Low MPV sudah mulai tampak kesuksesannya. Selamat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2