Yosep Efendi
Yosep Efendi Dosen

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Beri "Minum" Kendaraan Anda Sesuai Spesifikasi

2 Januari 2019   19:01 Diperbarui: 3 Januari 2019   09:33 2729 7 4
Beri "Minum" Kendaraan Anda Sesuai Spesifikasi
Gambar Seorang Petugas SPBU Pertamina Sedang Mengisi Tangki BBM Kendaraan Dengan Pertamax (Sumber Gambar: www.ekonomi.kompas.com)

Rasanya tak berlebihan jika saya beranggapan bahwa selama ini dan untuk ke depan, kita --ya, kita-, sudah ketergantungan dengan kendaraan bermotor.

Mobilitas kita banyak melibatkan kendaraan bermotor, misalnya sepeda motor, mobil (baik kendaraan pribadi maupun umum), kereta api dan sebagainya. Baik mobilitas untuk bekerja sehari-hari, ke pasar untuk memenuhi kebutuhan hidup, hingga ke tempat wisata untuk sekedar refreshing.

Begitu besarnya manfaat kendaraan bermotor dalam membantu kita memenuhi kebutuhan. Pertanyaanya, apakah kita telah memenuhi kebutuhan kendaraan tersebut? Kebutuhan yang sesuai dengan spesifikasinya.

Perawatan Sebenarnya untuk Kendaraan

Mungkin, pertanyaan pada paragraf di atas dapat dijawab dengan: "sudah, saya sudah memenuhi kebutuhannya dengan melakukan perawatan rutin, sesuai jadwal dan penggunaan".

Okelah, perawatan rutin kendaraan adalah sebuah kewajiban. Ya iyalah, dipakai setiap hari masak gak dirawat.

Pertanyaan selanjutnya, apakah perawatan kendaraan hanya cukup dengan perawatan berkala di bengkel?  Belum cukup.

Definisi membesarkan dan merawat anak tentu bukan hanya membawanya ke dokter untuk imunisasi atau ketika membutuhkan perawatan saat sakit. Lebih dari itu, yang terpenting adalah memberikan asupan yang bergizi sesuai kebutuhan dan porsi.

Begitulah kira-kira yang harus kita lakukan untuk merawat kendaraan yang telah banyak "berjasa" untuk kegiatan sehari-hari, yaitu dengan memberinya bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan atau spesifikasi.

Kenali Kendaraan, Tentukan Jenis Bahan Bakarnya

Saat pertama mengunjungi dealer untuk membeli kendaraan, tampaknya sebagian dari kita akan sibuk dengan mengamati tampilan kendaraan, test drive kemudian membahas proses pembayaran.

Terkadang kita lupa untuk menanyakan atau membaca spesifikasi detil dari kendaraan yang akan kita andalkan untuk kegiatan sehari-hari.

Jika anda termasuk sebagian dari itu, sebaiknya segera ketikkan di google "spesifikasi sepeda motor/mobil ..... " Isikan titik-titik sesuai kendaraan Anda.

Kenali lebih dalam sepesifikasinya dan bagaimana perawatannya. Sebagai contoh, sepeda motor saya matic, dengan spesifikasi mesin seperti gambar di bawah ini:

Gambar Screenshoot Spesifikasi Mesin Sepeda Motor Saya (sumber spesifikasi: www.astra-honda.com)
Gambar Screenshoot Spesifikasi Mesin Sepeda Motor Saya (sumber spesifikasi: www.astra-honda.com)
Dari contoh spesifikasi mesin sepeda motor pada gambar di atas, ada 1 informasi penting yang harus diperhatikan, yaitu Rasio Kompresi. Rasio/perbandingan kompresi berhubungan dengan proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Artinya, sangat erat kaitannya dengan bahan bakar.

Salah satu alasan kenapa angka Rasio Kompresi ditampilkan adalah sebagai informasi jenis bahan bakar yang cocok untuk mesin kendaraan tersebut.

Tabel Hubungan Rasio Kompresi dan Oktan Bahan Bakar (sumber gambar: www.boostane.com)
Tabel Hubungan Rasio Kompresi dan Oktan Bahan Bakar (sumber gambar: www.boostane.com)
Berdasarkan tabel rasio kompresi dan kebutuhan oktan bahan bakar di atas, maka sepeda motor saya yang memiliki rasio kompresi 9,5:1 (saya bulatkan 10:1) minimal menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 dan maksimal 100. Artinya, minuman "bergizi" untuk kuda besi yang selalu mengantar saya untuk kegiatan harian adalah minimal Pertamax (Oktan 92).

Sepeda motor matic saya itu memang hampir selalu saya isi dengan Pertamax. Lho kok hampir selalu? Yak, terkadang kepepet karena lupa isi bensin di SPBU, indikator bahan bakar sudah mepet akan habis, terpaksa isi eceran yang jarang menyediakan Pertamax (biasanya hanya Pertalite Oktan 90).

Selama menggunakan sepeda motor ini, saya belum pernah memberinya Premium. Maaf bukan sombong, tapi karena memang saya tau bahwa sepeda motor saya tidak cocok menggunakan Premium.

Hubungan Rasio Kompresi dan Jenis Bahan Bakar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2