Yosep Efendi
Yosep Efendi Pembelajar

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonews.id]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Merasakan Kemewahan, Kenyamanan dan Keamanan Berkendara All New Mazda 6 Elite

5 Agustus 2018   11:54 Diperbarui: 8 Agustus 2018   17:46 909 2 3
Merasakan Kemewahan, Kenyamanan dan Keamanan Berkendara All New Mazda 6 Elite
Bersama All New Mazda 6 Sedan | foto: yosepefendi

Saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tanggal 2 Agustus 2018, Mazda Indonesia meluncurkan beberapa produk terbarunya. Diantaranya kemunculan generasi terbaru dari sedan mewah Mazda 6, yaitu All New Mazda 6 Elite. Ada 2 varian All New Mazda 6 Elite yang turut meramaikan Hall ICE BSD Tangerang, yaitu Varian Sedan dan Estate. Hari kedua GIIAS, Jumat (3/8), saya berkesempatan menjajal All New Mazda 6 Elite tipe sedan.

Kemewahan Desain All New Mazda 6

Berbicara desain mobil, berbagai produk Mazda cukup konsisten dalam hal bahasa desain atau tampilan body. Hal tersebut yang menjadi ciri khas Mazda, yang membuatnya tampil beda dari mobil kebanyakan. Sepertinya tak berlebihan jika saya beranggapan bahwa "Dengan Mazda, Kita Tampil Beda".

Tampilan Wajah All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Tampilan Wajah All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Tampak samping | foto: yosepefendi
Tampak samping | foto: yosepefendi
Coba deh lihat All New Mazda 6 Elite pada gambar di atas. Amati dengan seksama. Desainnya simpel tapi mewah, elegan. Dengan overall Height yang relatif "tipis", hanya 1,450 mm, plus sektor muka dengan saluran udara yang mumpuni, tak ada alasan untuk meragunakan aerodinamikanya.  Dan, desain aerodinamis itu dipertegas dengan aksen garis pada tutup mesin (hood), pintu dan bagian belakang.

Kemewahan dan Kenyamanan Interior

Tampilan Interior All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Tampilan Interior All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi

Itu baru kemewahan eksterior. Bagaimana interiornya? Semakin "mendalami" All New Mazda 6 Elite ini, makin menonjol kemewahannya. Saat membuka pintunya, Kita akan disuguhkan dengan bahan yang berkualitas dan teknologi canggih. Pintu dalam dilapisi door trim yang empuk, begitupun dengan lapisan dashboard.  

Dashboard dilapisi bahan yang lembut | foto: yosepefendi
Dashboard dilapisi bahan yang lembut | foto: yosepefendi
Nah, di bagian tengah dashboard ada Center Display 8 inchi untuk memonitor dan mengontrol berbagai fitur. Mengontrol fitur penting juga lho ya, bukan hanya monitor multimedia. Fitur apa saja? Rem otomatis (yang akan saya bahas di bagian keamanan), 360 View Monitor System untuk kemudahan saat berjalan atau parkir mundur dan multimedia yang memanjakan pengendara tentunya.

Selanjutnya, saat mendaratkan tubuh di jok mobil, saya tidak akan bilang joknya empuk dan nyaman. Itu mah sudah biasa dan pastinya Mazda memperhitungkan itu. Yang lebih penting adalah permukaan tempat punggung sampai pinggang  (Lumbar Support) yang dapat diatur dengan tombol elektronik, di atur maju atau mundur, disesuaikan dengan driving position yang menurut Kita nyaman. 

Nah, efek pengaturan maju mundur tersebut memberi sensasi seperti sedang dipijat. Pengaturan maju, mundur, slide dan reclining joknya semua diatur dengan tombol (power seats). Tak perlu mengeluarkan tenaga untuk mengaturnya, sudah ada motor listrik yang mengatur. Bikin manja nih Mazda, hehehe...

Satu lagi nih fitur jok yang menarik dan bikin badan betah berlama-lama duduk di jok All New Mazda 6 Elite, yaitu adanya saluran udara di permukaan sandaran jok guna sirkulasi udara. Nah, saat berkendara lama pada siang yang terik, bagian baju belakang gak akan basah keringetan karena panas. Biasanya, bagian tersebut tidak terjangkau oleh udara dingin dari AC. Yang beginian saja dipikirkan oleh Mazda. Tetap nyaman duduk, meski udara luar panas gak karuan.

Lapisan Kursi All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Lapisan Kursi All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Keamanan Berkendara

Tak perlu meragunkan fitur kemanan generasi terbaru Mazda 6 ini. Fitur Antilock Brake System (ABS), Airbag, Stability Control, parking sensors, Hill Launch Assist (HLA) dan kawan-kawan sudah pasti ditanamkan pada sedan mewah ini. Saat test drive, saya menjajal fitur HLA di tanjakan buatan. Fitur tersebut sangat responsif dan presisi. Ketika menanjak dan melepas pedal gas, mobil tidak akan langsung mundur, meskipun saya tidak langsung menginjak rem.

Fitur kemanan lainnya yang sangat menarik adalah Smart City Brake Suport (SCBS) yang berfungsi sebagai pengereman otomatis. Rem tersebut berguna untuk menghindari tabrakan saat berkendara pada kecepata 4 -- 30 km/jam. Fitur ini penting untuk pengendara yang kerap ceroboh main hape sambil nyetir. Yak, Main Hape sambil nyetir! Mazda tau kecerobohanmu, tapi bukan berarti boleh nyetir sambil main hape, eh main hape sambil nyetir.

Satu lagi yang sangat menarik, yaitu tampilan Active Driving Display (ADD) yang muncul di kaca depan pengemudi. Fitur tersebut membuat kaca depan seolah-olah seperti layar yang menampilkan data dan gambar digital, yang sebenarnya adalah pantulan dari dashboard. Fitur ADD ini menampilkan data status kendaraan misalnya kecepatan, keamanan dan informasi kondisi jalan. Sayangnya waktu test drive, saya lupa mendokumentasikan tampilan tersebut. Lupa karena terlalu nyaman di dalam kabin, kemanan terjamin, bikin lupa yang lain.

Mazda 6, Memberi Pengalaman Berkendara Yang Berbeda

Test Drive All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi
Test Drive All New Mazda 6 Elite | foto: yosepefendi

Jangan hanya mengamati kemewahan tampilan dan fitur All New Mazda 6, nikmatilah. Rasakan bedanya. Ketika menghidupkan mesin SkyActive-G 2.5 yang menjadi dapur pacu All New Mazda 6 ini, suaranya halus, bahkan tak merasakan getaran. Padalah kompresi mesinnya tinggi lho, 13:1, rasio kompresi yang Mazda banget. Yaaa itulah kehebatan konsep mesin SkyActive.

Test drive | | foto: yosepefendi
Test drive | | foto: yosepefendi
Saat saya memindahkan tuas transmisi otomatis dari P ke D dan menjalankan kendaraan, perpindahannya terasa halus. Saat ngegas, pergeseran percepatannya pun tetap halus. Masalah yang tak jarang dirasakan pada transmisi otomatis adalah perpindahan percepatan yang begitu terasa, ada hentakan, bahkan ada yang hentakannya galak. Namun itu tidak terjadi di Mazda 6 ini, sangat smooth. Sepertinya inilah hasil "sari pati" penggabungan transmisi Dual Clutch, CVT dan AT konvensional. Yang selanjutnya menghasilkan selisih kecil antar tingkatan percepatan. Inilah yang disebut SkyActive Drive.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2