Yosep Efendi
Yosep Efendi Pembelajar

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonews.id]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Pabrik Mobil ESEMKA di Boyolali Segera Diresmikan dan Produksi

8 Juli 2018   18:25 Diperbarui: 9 Juli 2018   10:51 4624 5 5
Pabrik Mobil ESEMKA di Boyolali Segera Diresmikan dan Produksi
Pabrik ESEMKA di Boyolali | foto yosepefendi

Kebetulan, Senin, 2 Juli 2018 lalu saya berkunjung ke Solo, untuk kegiatan "syawalan". Saat itu, saya rencanakan untuk sekalian mampir ke Pabrik ESEMKA di Boyolali, setelah acara Syawalan. Ya, untuk lihat bagaimana perkembangannya. 

Bagi saya, perkembangan ESEMKA menarik untuk diikuti. Terlepas dari peran, pengaruh atau dampak politik di dalamnya. Bukan saya tidak mau melihat unsur politik di dalamnya yang banyak diributkan netizen, tapi saya lebih tertarik membahas teknologi dan asal usulnya.

Sebelumnya, perlu saya tekankan bahwa kata "segera" pada judul adalah opini saya, tidak ada keterangan resmi dari pihak Esemka. Kata "segera" saya simpulkan dari berbagai informasi yang saya peroleh dari masyarakat sekitar lokasi pabrik Esemka di Desa Demangan Kabupaten Boyolali dan kerabat Mereka yang bekerja di sana. 

Mengapa tidak cari informasi ke Pihak ESEMKA langsung? Dari pengalaman, sepertinya Mereka masih akan merahasiakan. Semoga saya tidak salah menyimpulkan. Kalaupun salah/kurang tepat, mohon dimaafkan. Lagian, masih suasana Syawalan juga ini.

Oke, langsung saja. Setiba di Pabrik ESEMKA yang masih dikelilingi lahan persawahan, saya dikejutkan dengan perkembangan yang cukup signifikan terkait prasarana. Berikuti ini perkembangannya:

Bagian Depan Pabrik Sudah "Rapi"

Bagian Depan Pabrik Perakitan ESEMKA di Boyolali | foto yosepefendi
Bagian Depan Pabrik Perakitan ESEMKA di Boyolali | foto yosepefendi
Dalam beberapa bulan ini, tampaknya pihak ESEMKA benar-benar berbenah. Wajar, Mereka mengejar target peresmian pada pertengahan tahun ini, bisa bulan Juli ini atau Agustus bulan depan. 

Beberapa bulan lalu saat saya berkunjung, pintu bagian depan yang menjadi gerbang utama akses masuk masih menggunakan pintu sekadarnya. Namun, saat ini sudah menggunakan pintu gerbang permanen.

Selain penambahan pintu, kini pagar depan pun sudah tertutup rapat. Dahulu, orang-orang yang lewat dapat dengan bebas "mengintip" bagian dalam, juga bisa mengamati sebagian aktifitas pekerja. Tapi kini, sudah tertutup rapat. Privasi perusahaan sudah mulai dibangun. Pembuatan pintu yang lebih layak dan menutup rapat pagar depan, berhasil memberi kesan rapi, selayaknya perusahaan (besar) pada umumnya.

Dua Gedung Baru Sudah Selesai Dibangun

Gedung yang baru selesai dibangun | foto: yosepefendi
Gedung yang baru selesai dibangun | foto: yosepefendi
Beberapa bulan lalu, pihak ESEMKA mulai menambah unit prasarana produksi, yaitu membangun 2 gedung (dijadikan 1) yang berada di bagian belakang. Informasi terkait hal tersebut, sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, "Perkembangan Pabrik Mobil Esemka Jelang Peresmian". 

Dua gedung yang berada di sebelah jalur Test Drive ini ditarget harus selesai bulan Mei 2018. Entah kapan tepatnya dinyatakan selesai, yang pasti saat ini gedung tersebut telah berdiri kokoh. 

Dengan adanya 2 gedung baru ini, rasanya membuat "pabrik" perakitan ESEMKA ini pantas disebut "pabrik". Secara fungsi, jelas keberadaan gedung tersebut sangat dibutuhkan dan membantu proses produksi.

Pabrik perakitan mobil tentu butuh ruang yang luas. Secara visual, semakin meyakinkan bahwa "itu lho pabrik perakitan mobil ESEMKA, lumayan luas to?" Tentu jangan dibandingkan dengan pabrik mobil milik perusahaan otomotif yang sudah besar dan mapan.

gedung yang baru selesai dibangun | foto: yosepefendi
gedung yang baru selesai dibangun | foto: yosepefendi

Nah, dengan selesainya pembangunan 2 gedung baru ini, maka rencana peresmian pada pertengahan tahun ini bisa segera terwujud. Eh, btw, bulan Juli ini masih bisa kan dianggap "pertengahan tahun"? Bisa sih. Telat-telatnya, mungkin Agustus bulan depan.

Peralatan/Mesin Produksi Sudah Mengisi Pabrik ESEMKA

Di gedung utama yang berada di tengah lokasi pabrik, memang sudah dilengkapi peralatan produksi. Pada Maret 2018 lalu, CNN Indonesia menyebarkan berita yang berisi foto-foto kondisi di dalam pabrik ESEMKA. Dari foto tersebut, tampak jelas bahwa gedung utama sudah dilengkapi dengan line produksi dan ada beberapa kendaraan yang telah dirakit di sana. Foto tersebut tampaknya cukup untuk meyakinkan masyarakat yang masih ragu dengan keberadaan pabrik perakitan mobil ESEMKA.

Nah, bagaimana dengan sarana produksi di gedung baru? Berdasarkan informasi yang saya himpun dari beberapa warga sekitar lokasi pabrik ESEMKA di desa Demangan Boyolali ini, diketahu bahwa pada bulan Ramadhan kemarin, ada belasan truk besar masuk ke pabrik ESEMKA. Kedatangan truk besar tersebut cukup menarik perhatian warga dan menimbulkan kemacetan lalu lintas, karena memang akses jalan masuk masih relatif kecil. 

Meskipun belasan truk besar tersebut masuk pada malam hari yang relatif sepi kendaraan, namun tetap saja memaksa truk tersebut untuk lewat secara bertahap. Terlebih, pada beberapa titik jalan, ada tikungan tajam. Mobil kecil saja sulit berpapasan, - harus hati-hati-, apalagi jika berpapasan dengan truk besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2