Yosephin HPsb
Yosephin HPsb

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Jurnalistik & Industri Media di Unika Soegijapranata Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Gula Alami dari Buah-buahan

12 Maret 2018   17:26 Diperbarui: 12 Maret 2018   17:41 480 1 0
Manfaat Gula Alami dari Buah-buahan
Foto: www.merdeka.com

Sepertinya bahan pemanis yang satu ini menjadi kesukaan banyak orang. Gula sendiri diperlukan tubuh sebagai energi utama untuk mendorong aktivitas. Tapi terlalu banyak mengonsumsi gula dapat memicu penyakit diabetes. Artinya, segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik. Namun, hal ini tak berlaku bagi gula alami yang didapat dari buah-buahan.

Buah mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa yang merupakan salah salah satu jenis karbohidrat. Rata-rata buah hanya mengandung fruktosa sekitar 15 gram. Tidak hanya kalori yang didapat, serat dan nutrisi juga didapat dari buah. Dilansir dari CNNIndonesia, para ahli menyatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan lebih banyak gula alami yang didapat dari konsumsi buah. Fruktosa dinyatakan tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara mendadak.

Bagi penderita diabetes, ada baiknya Anda memperhatikan indeks glikemik pada buah. Serat dalam buah membantu pelepasan gula lebih lambat sehingga gula darah tidak melonjak naik tiba-tiba.  Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang kaya akan potasium sehingga dapat membantu penurunan tekanan darah serta flavonoid yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Foto: www.starberita.com
Foto: www.starberita.com
Pada dasarnya buah dan sayur memang penting bagi kehidupan manusia. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. Dari penyakit ringan hingga penyakit yang paling mematikan. Untuk itu, para ahli kesehatan selalu menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Akan tetapi, jika Anda ingin rutin mengonsumsi buah dan sayur tetap harus memperhatikan kadar dan polanya.

Terlalu banyak mengandung gula dari mana pun asalnya dapat memicu pelepasan insulin. Insulin adalah hormon penyimpanan yang akan menyimpan kelebihan gula darah sebagai lemak dalam perut. Mengonsumsi gula secara berlebih daapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. 

Untuk itu, agar tidak berlebihan dalam konsumsi gula, baiknya sehari Anda mengonsumsi 150 gram buah. Dimana dalam 150 gram itu Anda mendapatkan 150 kalori dan 30 gram kerbohidrat. Hal ini setara dengan satu buah apel merah kecil, satu potong melon atau satu buah pisang. Aturlah pola konsumsi buah Anda dalam sehari agar mendapatkan nutrisi yang tepat.