Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Inilah Kondisi Jalan ke Kampung Kami Maurisu Manise di Pulau Timor

8 Mei 2023   22:43 Diperbarui: 8 Mei 2023   22:49 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Kondisi Jalan Kukun-Maurisu (sumber:Voxntt.com)

DARI semua pulau di Indonesia, mungkin pulau Timor yang mesti paling bersyukur karena selama pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo pulau kami paling banyak dikunjungi Beliau.

Kabupaten Belu harus lebih banyak bersyukur dibandingkan dengan kabupaten lainnya seperti Malaka dan Timor Tengah Utara. Sebab kabupaten Belu mungkin lebih banyak mendapatkan kunjungan dari Presiden Jokowi. Kalau saya tidak keliru mungkin Bapak Presiden Jokowi sudah lima kali berkunjung ke Kabupaten Belu di perbatasan dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste.

Berbeda dengan kabupaten Belu, rakyat kabupaten Timor Tengah Utara merasa cemburu dengan kabupaten tetangga karena macamnya Bapak Jokowi lebih memilih Belu daripada mereka. Mudah-mudahan kali ini dalam rangka peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Bapak Jokowi bisa mampir di TTU.

Kalau kita nonton di Televisi beberapa waktu lalu ketika Bapak Presiden Jokowi berkunjung ke Propinsi Lampung dan beliau mendapati beberapa ruas jalan propinsi yang sangat memprihatinkan sampai-sampai beliau meminta Kementerian PUPR RI untuk turun tangan memperbaiki jalan-jalan tersebut, kami merasa prihatin.

Tapi tentu saja keadaannya sangat jauh berbeda dari Propinsi Lampung. Kami di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari ribuan pulau, tentu tidak sama dengan Propinsi Lampung. Dalam hal pembangunan jalan raya, umumnya jalan-jalan propinsi masih tergolong lumayan bagus daripada jalan kabupaten. 

Rakyat di pedalaman pulau Timor patut berterima kasih karena pada jaman pemerintahan Presiden RI Ketujuh Bapak Joko Widodo inilah mereka boleh menikmati kemerdekaan dan pemerataan pembangunan yang sesungguhnya, dengan dibukanya jalan Sabuk Merah dirasakan sebagai kemajuan yang luar biasa.

Sementara itu pembangunan jalan dari pusat kabupaten ke kecamatan dan desa sangat memprihatinkan. Sebagai contoh, kami mengangkat keadaan jalan ke kampung kami namanya Desa Maurisu, di kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Maurisu adalah sebuah desa di Pulau Timor, Kecamatan Bikomi Selatan. Maurisu kini terdiri dari empat desa yaitu Desa Maurisu sebagai Desa pertama; desa Maurisu Tengah; Desa Maurisu Utara; dan Desa Maurisu Selatan.

Letak desa Maurisu persis di bantaran sungai yang biasa disebut dengan istilah segitiga emas karena berada di perbatasan antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten TTU, Kabupaten TTS dan Kabupaten Malaka.

Proyek Peningkatan Jalan Kukun-Maurisu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun