Mohon tunggu...
Yos Asmat Saputra
Yos Asmat Saputra Mohon Tunggu... Freelancer - Announcer

terus menulis, Penyiar Radio, motivator & Mc

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kangen Siaran Radio Lagi

3 Februari 2015   22:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:53 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14229515002138046448

[caption id="attachment_349177" align="aligncenter" width="443" caption="foto saat siaran tahun 1994 di radio Ria FM depok (foto:yos asmat)"][/caption]

Sehabis menyaksikan acara sarah sechan , Selasa 3 Februari 2015 di salah satu televisi swasta yang ngebahas tentang grup band era 90-an, mendadak saya jadi ingat masa-masa zaman siaran dulu. Karena grup band yang ditampilkan merupakan artis yang ngetop saat saya menjadi penyiar radio dan pernah mewancacarai mereka atau sekedar ngobrol saat mereka datang ke studio radio kami.

Saat itu media promosi yang paling efektif adalah radio, sehingga tidak heran hampir tiap minggu saya bertemudengan penyanyi atau grup band yang akan wawancara promosi album. Sebut saja, Anang hermansyah dengan kidnap katarina, Dhani Manaf dengan dewa 19, Slank, vodoo, Fatur dengan java jive dan masih banyak lagi.

Siaran zaman itu sangat rumit dibanding saat ini. karena media yang digunakan masih kaset yang menggunakan pita. Sedangkan saat sekarang sudahmengunakan CD bahkan file Mp3. Bisa dibayangkan kalo dulu saya siaran harus mencari lagu di side B dari sebuah kaset , makasaya memutarnya dengan cepat sambil mendengarkan pelan-pelan.

Kembali ke mengingat dunia siaran, rasanya menyenangkan sekali. Lewat microfon saya bisa menyalurkan unek-unek dan bisa menghibur orang diluar sana. Walaupun kita dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh , namun pendengar dan penyiar terasa dekat sekali. Terutama saat saya siaran malam hari menemani pendengar beristirahat antara pukul 22.00 sampai dengan 24.00 Wib.

Yang paling berkesan, saat saya siaran di radio Terminal Musik Indonesia di Jakarta tahun 1995. Radio tersebut, satu-satunya radio yang khusus memutarlagu dari penyanyi dan band asli Indonesia. Dan saya dapat tugas siaran malam menjelang tidur. Acara yang banyak pendengarnya, karena dalam siaran tersebut saya sisipkan dengan ramalan bintang. Biasanya acara seperti ini ditunggu pendengar dan mereka mau bertanya apa saja tentang ramalan.

Beberap artis yang pernah menemani saya siaran malam, seperti Nia Paramitha, rani yang sukan nyanyiin lagu mandari dan grup band protonema.

Tapi kalo sekarangmau siaran lagi pasti sudah dengan segmen yang berbeda alias segmen keluarga yang sudah banyak umurnya. An lagu-lagu yang di putar tentunya lagu kenangan masa lalu.

Pertanyaannya, masih ada ngak yangmau ngajak saya siaran lagi????? @ yos

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun