Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing, termasuk dalam hal memberikan penghargaan (gaji/honor) kepada karyawannya. Demikian halnya dengan platform media online. Membandingkan antara yang satu dengan lainnya, bukan saja hanya buang-buang waktu, bisa-bisa malah jadi terkena penyakit sirik dan dengki.
Jadi tulisan ini lebih aku maksudkan untuk menjawab sebagian Kompasianers yang masih bertanya-tanya terkait besaran honor atau reward di K. Tetapi jika Anda ingin mencari jawaban metode penghitungannya, segera tutup layar karena tulisan ini tidak membahas soal itu. Pengelola K hanya memberitahu kita sebagai kontributor lepasnya, basis penghitungannya pada jumlah klik atau (unique) view pada tulisan kita berdasarkan rekam catat google analytic.
Sebagai ilustrasi, mesin google hanya mencatat 1 (satu) klik dari IP address atau (mungkin) perangkat yang sama, meski Anda membukanya berulangkali. Bagaimana jika Anda dan pasukannya membuka dari warnet yang sama meski beda komputer? Jika didasarkan pada IP address maka yang terekam hanya satu, tetapi jika berdasarkan perangkat yang digunakan, maka akan tercatat sesuai sejumlah pasukan yang membukanya. Â
Jika sebelumnya pengelola K menerapkan standar minimum view sebanyak 5.000, kini sudah diturunkan menjadi 3.000 view. Dengan demikian mestinya yang bisa mendapat honor akan lebih banyak. Masa sih sebulan ngga bisa bikin 10 tulisan dengan minimal 300 view per tulisan?
- Begitu prolognya. Mohon maaf jika tidak sesuai karena aku memang tidak paham (hehe..)
Nah, mari kita lihat perbandingannya. Â Aku mengambil contoh honor bulan Agustus, dan nanti bandingkan dengan honor dari YouTube.
Sekali lagi itu hitungan kasar yang didasarkan hanya pada data terlihat, tidak termasuk nilai iklan, yang hanya diketahui oleh pengelola K.
Bagaimana dengan YouTube? Basis hitungan monetisasi yang selama ini dipahami adalah 1 (satu) dollar Amerika Serikat per 5.000 tayangan. Padahal tidaklah demikian. Dari 5.000 pemutaran umumnya hanya 1.000 tayangan yang dimonetisasi (yang ada iklannya). Jadi jika satu video kita ditonton 10.000 kali- yang juga berdasar unique view, maka 2.000 tayangan di antaranya disisipi iklan. Tetapi nilai pendapatannya tidak lantas pasti dua dollar. Akan sangat bergantung pada BPS- yang aku pahami sebagai bilangan pembagi per seribu, jenis produk yang diiklankan, lokasi pemutaran dan jam tayang.