Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Menjajal Goplay, Penantang Baru dalam Perang Layanan Streaming

2 Oktober 2019   12:58 Diperbarui: 2 Oktober 2019   16:58 0 14 5 Mohon Tunggu...
Menjajal Goplay, Penantang Baru dalam Perang Layanan Streaming
Ilustrasi aplikasi GoPlay (KOMPAS.com/Bill Clinten)

Tepat seminggu setelah event peluncuran resminya di tanggal 26 September 2019, Goplay pada akhirnya mulai berani menyapa para pengguna layanan streaming di Indonesia tanpa harus malu-malu seperti sebelumnya. 

Ya, sebelumnya Goplay hanya bisa diakses secara terbatas, dengan beberapa akun perfilman, selebtwit dan beberapa user random yang terpilih untuk mengikuti uji coba selama beberapa waktu.

Layanan streaming milik perusahaan yang terkenal dengan sebutan Super App-nya, Gojek, menjadi bukti bahwa usaha Gojek untuk masuk ke ranah entertainment memang tidak main-main.

Ilustrasi penggunaan Goplay (sumber: gizmologi.id)
Ilustrasi penggunaan Goplay (sumber: gizmologi.id)
Selain Gotix yang telah menjadi salah satu kanal favorit banyak orang untuk pembelian tiket bioskop, Goplay juga diharapkan menjadi pendamping ideal bagi penggunanya dalam memberikan pengalaman menonton yang mengasyikkan secara mudah. 

Ya, cukup akses dari smartphone, kemudian tekan play, streaming dan film pun dengan segera bisa dinikmati.

Namun, masuk ke ranah streaming service untuk kategori film dan serial membuat Goplay harus berhadapan langsung dengan berbagai raksasa movie streaming seperti Netflix, Prime Video bahkan Hooq, Iflix dan Viu yang bisa dibilang menjadi raja di Asia Tenggara.

Lantas, apakah Goplay bisa melawan para seniornya? Apakah worth aplikasinya untuk diunduh?.

Berikut poin-poin yang saya jabarkan pasca mencobanya selama 3 hari ini. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda dan membantu memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

UI yang Simple dan Ringan

Tampilan UI Goplay (kumparan.com)
Tampilan UI Goplay (kumparan.com)
UI atau User Interface memang menjadi hal penting dalam sebuah aplikasi. Tak terkecuali aplikasi streaming film. Dan Goplay nyatanya mampu memberikan pengalaman berselancar di katalog filmnya dengan cukup nyaman.

UI nya sederhana sehingga terasa ringan digunakan. Hanya ada dashboard Home untuk kembali ke halaman muka, search untuk mencari film, download untuk menampilkan list film yang diunduh untuk disaksikan secara offline dan my account untuk pengaturan aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pun ukuran aplikasinya tidak terlalu memakan storage, yaitu hanya sekitar 45 MB. Tentunya akan bertambah jika kita mengunduh film.

Namun sayang, tidak ditemukan pilihan untuk split user seperti Netflix. Pun layanan parental lock atau Kids Mode juga tidak ada. Jadi, harus berhati-hati jika nantinya aplikasi ini diakses anak-anak dan digunakan untuk menyaksikan tayangan yang tidak sesuai usianya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x