Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Berharap Oscar pada "Kucumbu Tubuh Indahku"

17 September 2019   17:26 Diperbarui: 18 September 2019   09:36 0 14 12 Mohon Tunggu...
Berharap Oscar pada "Kucumbu Tubuh Indahku"
Poster film Kucumbu Tubuh Indahku| Sumber: Fourcolours Films

Usai sudah segala spekulasi yang berkembang mengenai film apa yang kelak akan dijagokan untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020. Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body pada akhirnya dengan mantap terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020 kelak.

Adalah 3 film dari total 99 film Indonesia yang telah rilis sejak Oktober 2018, yang kemudian terpilih setelah sebelumnya 'bertarung' untuk memperebutkan tiket yang dipercaya akan mengharumkan nama Indonesia di kancah industri film internasional. Film-film tersebut adalah Kucumbu Tubuh Indahku, Ave Maryam, dan 27 Steps of May.

Dikutip dari laman Tribunnews, sebelum Kucumbu Tubuh Indahku diumumkan sebagai wakil Indonesia, terpilihnya 3 kandidat sebelumnya diakui oleh Benny Benke, salah satu anggota komite Oscar, seturut dengan tema universal mengenai kesetaraan yang saat ini menjadi menu utama dunia. 

Sedangkan film Bumi Manusia yang sejatinya sempat masuk ke dalam 4 besar, harus gugur karena pertimbangan sisi produksi dan beban sejarah tentang kolonialisme yang cukup berat.

Meskipun baru sekadar masuk ke babak entry level, namun Kucumbu Tubuh Indahku bolehlah sedikit memberi harapan (lagi) bagi kita yang rindu melihat film produksi negara sendiri tembus ke malam penganugerahan Oscar yang begitu gegap gempita. 

Maklum saja, dari total 20 film Indonesia yang pernah terpilih untuk bisa masuk ke dalam nominasi Oscar, tak satupun yang pada akhirnya bisa lolos.

Semua film-film kiriman Indonesia, terhenti di babak entry yang mana di babak tersebut menjadi babak terberat karena film-film dari berbagai negara di seluruh dunia (bisa mencapai 60 film) dipertandingkan kembali untuk mencapai posisi 9 besar. 

Sebelum pada akhirnya divoting kembali untuk mendapatkan posisi 5 besar dan tentu saja ikut serta dalam malam puncak penganugerahan Academy Awards.

Tentang Peluang Masuk Nominasi

Cuplikan film Kucumbu Tubuh Indahku| Medcom.id
Cuplikan film Kucumbu Tubuh Indahku| Medcom.id
Berbicara tentang peluang masuknya Kucumbu Tubuh Indahku ke babak nominasi, tentu kurang rasanya jika kita tidak melihat lagi ke belakang terkait performa film tersebut dan bagaimana juga profil beberapa film yang akan jadi saingannya kelak.

Dikutip dari data pada laman twitter @bicaraboxoffice, 2 film saingan Kucumbu sebelumnya sejatinya memiliki angka penonton yang jauh lebih baik. Sebanyak 79.478 penonton berhasil dicatatkan Ave Maryam dari total sebulan penayangannya. 

Sementara Kucumbu Tubuh Indahku 'hanya' berhasil mencatatkan angka 23.169 penonton. Untuk kemudian 27 Steps of May melengkapinya di angka 57.146 penonton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x