Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Penulis

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Menanti Rencana Besar Marvel Pasca "Endgame"

5 Mei 2019   10:08 Diperbarui: 6 Mei 2019   15:10 6052 20 5
Menanti Rencana Besar Marvel Pasca "Endgame"
Sumber ilustrasi: marvelnewsdesk.com

Avengers: Endgame telah masuk di 2 minggu penayangannya di seluruh dunia. Mendominasi hampir di tiap layar bioskop di seluruh dunia, menjadikannya sebuah fenomena global yang tentunya menyita banyak perhatian.

Dengan pendapatan di seluruh dunia yang saat ini  memperoleh angka 1,9 Milyar USD (dikutip dari), Endgame pun telah merangsek ke posisi 4 film terlaris sepanjang masa, persis dibawah film pendahulunya, Avengers:Infinity War

Maka jika performa Endgame tetap stabil sampai beberapa hari ke depan, posisi 3 yang saat ini dihuni Star Wars: The Force Awakens(2,08 Milyar USD) dan posisi 2 yang dihuni Titanic(2,19 Milyar USD), kemungkinan besar bisa terlewati dengan mudah.

Avatar yang saat ini memperoleh pundi-pundi 2,78 Milyar USD memang masih nampak sulit turun dari tahtanya di posisi puncak. Avatar seperti dikutip berbagai sumber, meskipun memulai minggunya dengan pendapatan yang lambat, justru meningkat pesat di minggu-minggu selanjutnya dan bergerak sangat stabil. Sebuah anomali yang di Indonesia sendiri mungkin agak mirip dengan "hype telat" Pengabdi Setan-nya Joko Anwar.

Sumber: Marvel
Sumber: Marvel
Tak hanya berbicara soal pendapatan Endgame yang bombastis, dari segi cerita pun Endgame telah berhasil menyajikan sebuah penutup yang epik, megah dan sesuai dengan apa yang diinginkan fans. Berbagai macam teori pun terus bermunculan sehingga membuat film ini terus didiskusikan dan belum kehilangan momennya hingga saat ini.

Terlepas dari itu semua, yang menarik justru membahas bagaimana rencana ke depan Marvel khususnya MCU, pasca berakhirnya 11 tahun perjalanan awal mereka. Memang masih ada Spider-Man: Far from Home di Juli nanti sebagai penutup fase 3 MCU, tapi tetap saja Endgame menjadi sajian utama yang menutup cerita tim gabungan superhero tersebut.

Sumber: Marvel
Sumber: Marvel
Seperti kita tahu, Endgame menyisakan banyak pertanyaan pasca kematian tokoh-tokoh sentralnya. Thor memang menjadi satu-satunya Trinitas MCU yang masih bertahan dan kemungkinan memiliki film lain di masa depan, namun tentu saja masa depan MCU tak lagi bergantung pada Thor semata.

Lebih dari itu, beberapa clue di film Endgame juga banyak bermunculan dan mengisyaratkan bagaimana masa depan MCU akan berjalan. Maka menarik jika kemudian membahas rencana besar apa yang akan dilakukan Marvel pasca Endgame.

Jadi, yuk kita mulai pembahasannya.

Keberagaman Jadi Menu Utama MCU Selanjutnya

Kevin Feige (variety.com)
Kevin Feige (variety.com)
Kevin Feige, produser sekaligus otak dibalik konsep semesta Marvel pernah berbicara pada salah satu wawancaranya dengan The Wrap terkait tema keberagaman yang akan menjadi menu utama dalam film-film MCU selanjutnya. Karena dia percaya bahwa inklusi yang mereka buat akan menuntun pada konsep superhero yang baru, segar dan kokoh.

Konsep keberagaman yang diaplikasikan Marvel pada semestanya tentu saja tidak berhenti pada film Black Panther yang memberi penampilan perdana superhero kulit hitam atau Captain Marvel yang akhirnya menjawab kritik atas minimnya superhero wanita di semesta Marvel. Lebih dari itu, Marvel memang ingin mengembangkan keberagaman ke arah yang lebih luas.

The Eternals (geektyrant.com)
The Eternals (geektyrant.com)
The Eternals yang akan diperkenalkan Marvel pada MCU fase 4 nanti, diproyeksikan akan menjadi film superhero pertama yang memiliki karakter utama seorang gay. Proyek ambisius yang calon-calon kehadirannya sempat disinggung pada film Avengers: Infinity War ataupun Guardians of The Galaxy vol.2 ini, dianggap sebagai film yang tepat dalam memasukkan unsur LGBTQ dalam semesta Marvel.

Meskipun Valkyrie telah dikonfirmasi sebagai tokoh lesbian pertama dalam semesta Marvel, namun pada adegan yang memperlihatkan orientasi seksualnya tersebut di Thor: Ragnarok justru dihilangkan oleh sutradara Taika Waititi.

Nampaknya Marvel belum cukup pede mengeluarkannya sekarang. Namun diluar berbagai kontroversinya di masyarakat, nampaknya LGBTQ memang jadi topik seksi untuk diangkat dalam kampanye keberagaman di seluruh dunia apalagi di masa depan.

Superhero Wanita Akan Mendominasi

Express.co.uk
Express.co.uk
Tak bisa dipungkiri, Captain Marvel menjadi semacam pemantik akan pentingnya superhero wanita bagi MCU. Bahkan di akhir film Endgame pun, ada satu scene khusus yang memperlihatkan bagaimana superhero wanita berkumpul dan membawa dampak signifikan pada pertarungan akhir melawan Thanos.

Tak hanya itu, Black Panther 2 yang konon akan menjadi panggung besar bagi karakter Shuri pun semakin menegaskan bahwa wanita akan menjadi pemimpin dalam semesta MCU di masa depan. Belum termasuk Captain Marvel, Valkyrie, Wasp, dan Wanda yang akan meneruskan peran penting wanita di MCU. 

Dan jangan lupa, Cassie Lang beserta Morgan Stark nampaknya juga dipersiapkan untuk kemungkinan proyek baru superhero wanita Marvel di masa depan. 

Fase 4 dan Kemungkinan Hero Fox Masuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3