Mohon tunggu...
yolita khotania
yolita khotania Mohon Tunggu... mahasiswa

blessed

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

6 Tips Mendesain Interior dengan Konsep Compact House

3 Desember 2019   21:27 Diperbarui: 3 Desember 2019   21:27 0 0 0 Mohon Tunggu...

          Perpindahan penduduk (urbanisasi) dari desa ke kota yang terus menerus setiap tahunnya akan membuat kota semakin padat. hal ini berdampak semakin tingginya harga tanah di perkotaan. Luas lahan perumahan menjadi semakin kecil. Sementara bangunan baru cenderung dibuat tinggi. Faktanya, hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan ruang terhadap bertambahnya jumlah anggota keluarga. Oleh karena itu, mendesain ruang yang kecil sehingga terlihat seperti ruang yang besar, membutuhkan kecerdikan dalam mendesain.

          Dari permasalahan diatas, muncullah beberapa konsep yang melatarbelakangi pemilihan rumah ini, salah satunya yaitu Compact House. Rumah dengan konsep Compact House sangat dibutuhkan masyarakat perkotaan. Compact house itu sendiri adalah sebuah hunian yang didesain kompak, yaitu memberikan keselarasan antara desain rumah dan furnitur, dan furnitur yang didesain built in.

          Ide yang mendasari dari konsep ini adalah keefisienan suatu ruang, yakni pemanfaatan ruang dan furnitur secara maksimal. sebagai contoh, lemari dijadikan sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga, sehingga tidak perlu lagi menggunakan pembatas dinding atau partisi. Dari contoh tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan utama dari konsep ini adalah menampung semua kebutuhan dengan lahan yang terbatas.

          Untuk mengatasi hal ini, anda membutuhkan panduan untuk memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya di rumah yang tidak terlalu luas. Di bawah ini terdapat 6 tips untuk menciptakan rumah yang efisien dengan konsep Compact House.

1. Menggunakan Furnitur Multifungsi / Furnitur Lipat

Furnitur yang memiliki fungsi ganda akan menghemat ruang dan uang Anda. Dan berkat tren rumah mungil / apartemen mungil, semakin meluasnya barang-barang furnitur yang cerdas yang melayani kegunaan serba guna atau melipat untuk membuat ruang di rumah Anda saat tidak digunakan. Anda dapat menemukan furnitur yang melayani berbagai keperluan, seperti tempat tidur yang dapat diubah menjadi sofa dan meja samping yang dapat diubah menjadi meja.

2. Memberikan Sentuhan Kreatif pada Rak penyimpanan/Storage

Ada begitu banyak pilihan penyimpanan yang bagus di luar sana yang juga berfungsi sebagai dekorasi yang indah. Pilih item furnitur yang dapat memberikan Anda solusi penyimpanan tambahan, seperti penyimpanan di bawah tempat tidur yang terlihat seperti lemari keren. Cobalah untuk menemukan cara untuk menyimpan barang-barang Anda tanpa hanya mendorong semuanya ke dalam lemari.

3. Manfaatkan Ruang Vertikal

Memanfaatkan ruang vertikal secara maksimal berarti bermain-main dengan barang-barang yang lebih tinggi dan memberikan dinding Anda dengan hal-hal seperti rak dan seni yang menambah kedalaman vertikal. Jika Anda memiliki karya yang sangat Anda sukai atau vas kesayangan tetapi tidak dapat menemukan tempat, Anda bisa menggantungkan rak yang aman pada dinding dan letakkan barang yang Anda sukai di sana. Ketika Anda menggantung tirai, pasang batang hanya sekitar 2 inci di bawah langit-langit plafon, yang dapat menambah ilusi ketinggian ekstra para ruang.

4. Menyingkirkan Barang - barang yang Tidak Diperlukan

Salah satu hal yang perlu dilakukan di ruang yang lebih kecil adalah memaksa Anda untuk benar-benar mengurangi jumlah barang yang Anda miliki di rumah Anda. Pada gilirannya, Anda akhirnya menyingkirkan hal-hal yang kurang bermanfaat pada tujuan hidup Anda, baik itu karena mereka tidak praktis, tidak berguna, atau hanya tidak membawa Anda kegembiraan. Mendesain ruangan kecil membutuhkan sedikit inventaris, jika tidak Anda berisiko memadati ruang.

5. Memanfaatkan Sudut - sudut Ruang

Sebuah sudut yang mungkin Anda biarkan kosong di ruang yang lebih besar dapat digunakan di ruang kecil untuk fungsionalitas tambahan, seperti meletakkan di area meja atau meja bar. Jika itu tidak akan mengacaukan ruangan, cobalah memikirkan cara-cara kreatif untuk memanfaatkan sudut-sudut yang sering kurang dimanfaatkan alih-alih yang menjadikannya ruang kosong.

6. Pemanfaatan Efek dari Cermin

Berbicara tentang fungsi ganda, cermin menambahkan cahaya tambahan dan ke dalam kamar dengan memantulkan kembali pencahayaan alami dan non-alami. Penggunaan cermin juga dapat memberikan kesan luas pada ruang yang sempit. Gunakan satu cermin besar atau atur beberapa yang lebih kecil di seluruh ruangan. Anda bahkan dapat membuat dinding galeri dari cermin.

VIDEO PILIHAN