Mohon tunggu...
yolaagne
yolaagne Mohon Tunggu... Mahasiswa Jurnalistik

penikmat sastra dan tepi laut.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tak Semua Dekat dan Nyaring

18 Januari 2020   22:10 Diperbarui: 18 Januari 2020   22:22 6 0 0 Mohon Tunggu...
Tak Semua Dekat dan Nyaring
dekat dan nyaring (majalah.tempo.co)

Bercerita tentang gang Patos, sebuah gang sepi karena sudah lama ditinggal banyak penghuninya yang memilih tinggal di tempat lebih layak. Gang patos sendiri letaknya berbatas dengan sungai dan juga kini gang tersebut sudah tidak mendapat sinar matahari lagi karena gedung sebelah kanan menghalanginya.

Menyisahkan beberapa orang yang masih bertahan tinggal di gang Patos. Ada Edi si pemilik warung yang menjual barang-barang aneh mulai dari daging ular asap hingga ganja palsu.

Nisbi, perempuan janda ditinggal mati seorang suami yang bekerja sebagai polisi dengan kisah kelam atas kematian suaminya yang ia rahasiakan dari anaknya, biasa dipanggil anak baik. Ada wak Eli yang punya seorang anak berumur 20 tahun dengan kecerdasan anak 10 tahun bernama Aziz yang senang bermain dengan anak baik.

Idris si penjual regulator tabung gas memiliki aroma lavender kesukaan istrinya, Kina. Kina memiliki maksud tertentu untuk menjadi penduduk gang Patos. Hanya Dea Anugrah, teman bermulut sengak yang tahu maksud ia kedatangannya . Dan Sam, pengganggu keluarga anak baik.

Dekat & Nyaring karya Sabda Armandio, pembaca akan disuguhkan realitias kemiskinan dibalut dengan karakter para tokoh yang membuat pembaca terhibur. Ada anak baik yang polos dan sering bermain dengan Aziz. Ada Nisbi yang menyimpan kisah kelam suaminya dari anak baik. Edi yang memiliki warung 24 jam dengan ember yang dikerek menggunakan tali melintasi sungai.

Dekat & Nyaring. Di dalam cerita ada lebih dari delapan kali ledakan. Namun tidak semuanya dekat dan nyaring. Hanya ledakan pistol tepat didepan Nisbi tentang kenangan atas suaminya, ledakan pistol yang membuat bolong kepala Aziz yang berbentuk kentang karena mengarahkan pistol ke perut Sam.

VIDEO PILIHAN