Mohon tunggu...
Seagate Yhesse
Seagate Yhesse Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Akun tugas

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Bola

Ayo Main di Luar Negeri!

26 Januari 2022   22:24 Diperbarui: 27 Januari 2022   09:28 26 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ayo bermain di luar negeri!!!

Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan yang lebih baik dalam Piala AFF Suzuki 2020 kemarin. Meskipun kembali menjadi runner-up untuk ke-enam kalinya, Timnas berhasil memberikan kejutan bagi para peserta lainnya. 

Padahal, sebelum Piala AFF mulai bergulir, Timnas Indonesia sempat diremehkan oleh banyak media. Namun, para pemain dapat memperlihatkan kualitasnya di dalam lapangan. Hal ini tidak terlepas dari peran sang pelatih, Shin Tae-Young dan para pemain terutama mereka yang bermain di luar negeri.

Timnas memiliki beberapa pemain yang berkarier di luar negeri diantaranya ada Asnawi Bahar, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggot. Mereka menjadi tumpuan Timnas dalam tiap pertandingan. Asnawi yang bermain di Korea menjadi pemimpin teman-temannya di setiap pertandingan. 

Witan sendiri menjadi andalan Timnas dalam keadaan menyerang ketika dalam pertandingan. Egy dan Baggot baru bisa bergabung dengan Timnas setelah timnas lolos fase grup karena adanya urusan dengan timnya.

Timnas yang sebagian besar berisikan anak-anak muda dan beberapa pemain yang berkarier di luar negeri berhasil unjuk kemampuan dengan sangat baik. Mereka berhasil menahan imbang tim dengan peringkat tertinggi di ASEAN, Vietnam dalam fase grup. 

Anak-anak muda ini juga berhasil menunjukkan semangat juangnya ketika bersua Timnas Singapura di semifinal. Meskipun kalah di final leg 1 oleh Thailand, para pemain mendapat banyak pelajaran dari laga tersebut.

Berkaca dari pengalaman tersebut, ada satu hal penting yang harus dilakukan oleh para pemain Timnas, yaitu bermain di luar negeri. Pemain Timnas sudah melihat kualitas para pemain Thailand dalam laga final. Mereka harus belajar dari mereka terutama mengenai skill dan mentalitas. Maka, berkarier di luar negeri menjadi opsi yang sangat baik bagi para pemain Timnas.

Dillihat dari penampilan di Piala AFF, banyak pemain Timnas yang memiliki peluang bagus untuk bermain di luar negeri, antara lain Ricky Kambuaya, R. Irianto, Dewangga, dan Pratama Arhan. 

Klub-klub luar negeri juga santer diberitakan berminat akan jasa empat pemain tersebut. Apabila PSSI menginginkan bahwa Timnas membawa pulang piala ke tanah air tercinta ini, maka PSSI harus berupaya penuh untuk membujuk anak-anak muda ini dan klubnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan