Mohon tunggu...
YOHANA KARRYN LIEM
YOHANA KARRYN LIEM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya memiliki hobi menonton film, salah genre favorit saya adalah genre horror dan action. Selain menonton, saya juga sering memasak di sela-sela waktu senggang saya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar dan Berproses dalam Geladi Hominisasi

5 Desember 2022   23:46 Diperbarui: 6 Desember 2022   00:54 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

             

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti geladi Hominisasi, dimana acara tersebut merupakan wadah bagi saya untuk belajar berpikir secara logis dan rasional. Banyak hal yang saya lakukan selama proses yang saya jalani ketika mengikuti geladi Hominisasi. Dimulai dari mengerjakan tugas pra geladi yang membuat saya lebih mengetahui akan budaya dan tradisi yang ada Indonesia, serta mengajarkan saya untuk lebih menghargai dan mengerti cara menjaga dan melestarikan budaya Indonesia agar budaya dan tradisi tersebut tidak hilang termakan zaman. 

Kemudian pada hari H, saya diajarkan lebih dalam lagi bagaimana bekerja dalam berkelompok dengan menghargai pendapat satu sama lain dalam anggota kelompok, dan belajar untuk menerima hasil yang ditetapkan dari diskusi dalam kelompok tersebut. 

Selain itu, saya juga mendapat pengajaran bagaimana berpikir kritis dalam menyelesaikan atau memahami suatu masalah, seperti ketika saya dan peserta lainnya dibentuk dalam beberapa kelompok dan ditugaskan untuk melakukan presentasi sesuai tema yang diberikan.

Ketika membuat dan mempelajari materi presentasi, saya dan anggota kelompok saya saling berdiskusi, dan hal tersebut mengajarkan saya bahwa saling menghargai dalam berkelompok merupakan hal yang penting, karena setiap manusia memiliki ide dan pikirannnya masing-masing, dan ketika ide tersebut dikumpulkan dapat menjadi suatu rangkaian ide yang menarik. Akan tetapi memahami isi materipun tak kalah penting, karena suatu ide atau gagasan yang dikeluarkan harus berbobot dan bernilai karena kita diajarkan untuk berpikir secara kritis, logis dan rasional.

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara merupakan hal yang penting, karena bahasa membentuk identitas suatu negara. Selain itu, warga negara berperan penting sebagai kontribusi untuk memajukan suatu negara. Dengan pemikiran warga negaranya yang berpikir lebih kritis, logis, rasional serta menggunakannya lebih baik, membuat suatu negara dapat lebih maju.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi ini membuat saya dapat lebih bertanggung jawab dan belajar untuk memahami suatu materi lebih dalam dan berpikir lebih kritis dalam menyuarakan suatu gagasan atau pendapat. 

Dan pembelajaran tersebut dapat saya terapkan dalam perjalanan kuliah saya. Misalnya dalam penyusunan skripsi nantinya, saya harus dapat berpikir secara logis dan kritis. Dan dalam pembelajaran di dunia perkuliahan membutuhkan pola pikir yang sistematis, terukur, terarah, logis dan kritis. Selain itu, membutuhkan pula cara bekerja sama yang baik serta meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa saya, dengan cara saling menyampaikan pendapat satu sama lain, dan belajar dari pengalaman.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun