Mohon tunggu...
Yogma Charis Anugrah
Yogma Charis Anugrah Mohon Tunggu... S1 Pendidikan Teknik Mesin'2017 Universitas Negeri Malang

KKN 2020 Universitas Negeri Malang Desa Kemantren Kecamatan Jabung

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa UM Beri Bantuan Tempat Cuci Tangan untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa Kemantren, Kec Jabung, Kab Malang

30 Juni 2020   23:21 Diperbarui: 30 Juni 2020   23:35 46 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UM Beri Bantuan Tempat Cuci Tangan untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desa Kemantren, Kec Jabung, Kab Malang
dok. pribadi

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka mengabdi kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk menjadi relawan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM edisi CoVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19, mahasiswa Universitas Negeri Malang Angkatan tahun 2017 dari berbagai Jurusan dan Program Studi membuat program kerja pengadaaan tempat cuci tangan yang kemudian diserahkan kepada pihak Desa Kemantren Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

Penyerahan hasil Program Kerja Pengadaan Tempat Cuci Tangan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 di Balai Desa Kemantren Kecamatan Jabung yang diserahkan langsung oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang dan didampingi oleh Pak Eddy Budiono selaku Dewan Pembimbing Lapangan (DPL).

Penyerahan tempat cuci tangan dimulai dengan Upacara Pembukaan penyerahan Tempat Cuci tangan kepada pihak desa yang diwakili oleh Kepala Desa Kemantren dan berjalan dengan lancar sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Sebanyak 16 tempat cuci tangan beserta sabun cuci tangan diserahkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang kepada pihak desa. Tempat cuci tangan yang digunakan adalah ember bekas yang diwarnai ulang dan ditempel stiker ajakan untuk cuci tangan, serta diberi identitas KKN UM sebagai wujud nyata mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam membantu pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara pengadaan tempat cuci tangan beserta sabun cuci tangan.

dok. pribadi
dok. pribadi
Selain menyerahkan tempat cuci tangan kepada pihak desa, mahasiswa Universitas Negeri Malang  juga ikut membantu pihak desa dalam menempatkan alat cuci tangan di masing-masing tempat yang telah ditentukan oleh pihak desa, seperti di TK Paud, Masjid, Mushola, Posyandu, Pasar, dan tempat lain yang membutuhkan alat untuk cuci tangan. Tanpa meninggalkan protokol Kesehatan dan dengan penuh semangat pelaksanaan penyebaran tempat cuci tangan di masing-masing tempat yang telah ditentukan berjalan dengan lancar.

"Terimakasih mbak atas bantuannya. Sebenarnya disini juga ada kran untuk cuci tangan, tapi di pojok dalam, jadi anak-anak jarang mau cuci tangan sebelum masuk. Nanti ember ini ditaruh di dekat gerbang pintu masuk, biar anak-anak mau cuci tangan dulu sebelum masuk", ujar salah satu guru TK Paud kepada mahasiswi KKN UM.

dok. pribadi
dok. pribadi
Warga Desa Kemantren mengucapkan banyak terimakasih kepada Universitas Negeri Malang terutama Mahasiswa yang banyak membantu dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkup Malang dengan adanya pengadaan tempat cuci tangan dan berharap agar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang edisi Covid-19 ini sebagaimana telah direncanakan berjalan dengan lancar.

Pewarta: Fajar Sukma Idhofi, Suhartanto

Pewarta Foto: KKN UM Desa Kemantren 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x