yogira yogaswara
yogira yogaswara

jurnalis, penulis, editor, translator

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Aldyna Ciptakan “Inginmu Kasih” Tak Sekedar untuk Lagu

11 Juli 2013   22:52 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:41 285 0 0

Satu lagi penyanyi solo wanita bertalenta menghiasi blantika musik Indonesia. Dia adalah Aldyna. Penyanyi kelahiran Balikpapan 22 Juni 1986 ini baru saja merilis single album, bertajuk “Inginmu Kasih”. Anda penasaran dengan suara dan lagunya? Silahkan simak di You Tube.

Bukan bermaksud membanding-bandingkan dengan Raisa, penyanyi solo wanita yang melejit karena kecantikan dan olah vokalnya yang khas, tapi penilaian saya,Aldyna pun punya kelebihan tersendiri dalam mengekspresikan lagunya. “Inginmu Kasih” lahir dari pengolahan batinnya sendiri. Sepertinya, dia menciptakan lagu ini melewati fase penyatuan harmonis antara passion-nya terhadap genre musik jazz, Soul, dan R&B dengan kemampuannya menggubah lagu dan juga karakter vokalnya. Kalau kita menyimak video klipnya, penyatuan harmonis itu bisa terasa.

Lagu “Inginmu Kasih” terdengar simple, tidak neko-neko, apalagi sok sophiscated. Terasa ada kejujuran dalam penyajiannya, baik itu dari liriknya, maupun irama musiknya. Bisa disebut demikian karena lagu yang dikemas semi akustik ini lebih menekankan pada pesan, bukan pada konten lagu itu sendiri, yaitu pesan yang bisa diterima dengan mudah oleh orang yang sedang merindukan kekasih, Bukankah kalau kita sedang merindukan seseorang lebih asyik menikmatinya dengan santai, tanpa harus berkerut kening? Melalui lagu “Inginmu Kasih”, Aldyna mencoba mengantarkan pesan kerinduan kepada siapapun yang sedang dimabuk cinta dengan spirit keceriaan.Inilah sebuah ekspresi musik yang bersahaja, namun Aldyna mengolahnya jadi lagu inspiratif, yang bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja karena irama musiknya pun mengalir dalam tempo medium, terdengar bisa menyesuaikan diri dalam keadaan apapun, apakah jadi lagu pengantar tidur, jadi teman di mobil, maupun saat di ruangan kerja dalam suasana sibuk.

“Inginmu Kasih” boleh dibilang lagu perempuan banget meskipun bisa saja dinyanyikan oleh lelaki, yang tentunya punya kadar berbeda dari sisi musikalitasnya. Mendengar vokalnya saja, kita bisa merasakan kelembutan suara yang empuk-empuk mendesah dalam iringan piano akustik dan ketukan drum loop dengan tempo yang terjaga.

Semakin terasa lagi kalau kita menyimak tayangan video klipnya yang digarap oleh Tri Ayu Noverani (Director), dan Virlanmawa Langgong (DOP). Sebagai director, Tri tentunya sudah menafsirkan isi lagu “Inginmu Kasih” dengan bahasa gambar yang cocok. Karena lagunya terdengar simple dan dinyanyikan wanita, Tri pun menampilkan penggambaran video klipnya dengan sederhana danbernuansa lembut. Tone warna video klip ini terlihat bernuansa pastel dengan setting kemungkinan untuk suasana pagi di atas gedung pencakar langit Jakarta, mungkin di sebuah apartemen.Sebagai Sang Penyanyi, Aldyna pun tampil berpakaian sederhana, layaknya remaja yang menjalani hidup dengan ceria dan apa adanya. Di kamarnya, Aldyna menulis kata-kata, yang sebenarnya merupakan tanda bahwa dia adalah penulis lagu. Terlihat juga di kamarnya ada gitar, yang menandakan bahwa

Aldyna adalah seorang musisi. Setting seperti inilah yang mengikat makna dengan pesan lagu “Inginmu Kasih”. Sebuah perpaduan audio visual yang berhasil, bukan?

Artinya, lagu “Inginmu Kasih” tidak hanya memberikan pesan mengenai kerinduan seorang wanita terhadap kekasihnya, tetapi juga menghasilkan makna bahwa keberhasilanvideo klip lagu bukan melulu dari budget yang besar, tetapi juga ide dan kreativitas bagaimana menerjemahkan musik dan lagu jadi bahasa gambar yang harmonis dengan lagu yang ditampilkannya di media audio visual.

Aldyna - Inginmu Kasih



Artist: Aldyna ( twitter @AldynaDamping )
Song Title: Inginmu Kasih (written by Aldyna Damping)
Music Producer: Meester Pee (http://www.audiolabworld.com)
Aldyna's Official Website: http://www.aldyna.com
Aldyna's Official Management Twitter: @aldyna_official
Management: Suzan (081330700682), Dedi (081385960762), Cecil (085780646313)
Aldyna's Wardrobe also supported by: Puppeteer ( twitter @iampuppeteer )


Video Klip:

Tulip Records/Demajors

Directed: Tri Ayu Noverani

DOP Virlanmawa Langgong