Mohon tunggu...
Yoel Benny Yanmer
Yoel Benny Yanmer Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Saya adalah pelajar SMA yang pengen dapet nilai

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Yuk, Kenalan sama Game Online

15 Oktober 2022   23:05 Diperbarui: 15 Oktober 2022   23:19 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arti kata game online itu berasal dari 2 kata dalam bahasa Inggris yaitu game dan online. Game artinya permainan dan online artinya dalam jaringan (daring). 

Pengertian game online sendiri adalah sebuah jenis permainan yang hanya bisa dimainkan apabila perangkat yang digunakan untuk bermain game terkoneksi dengan jaringan internet.  

Arti game online dalam bahasa Indonesia adalah permainan daring. Ada beberapa jenis game online antara lain Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS), Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy games (MMORTS), Massively Multiplayer Online Role-playing Games (MMORPG), Cross-platform online play, Massively Multiplayer Online Browser Game, Simulation games, Massively multiplayer online games (MMOG), dan lainnya. 

Teknologi merupakan suatu sarana yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika dulu bermain game dulu kerap dipandang sebelah mata dan dianggap hanya membuang waktu saja. 

Namun sekarang, ngegame kini tak hanya aktivitas untuk mengisi waktu luang, tapi bagi beberapa orang, merupakan sebuah profesi yang cukup menjanjikan dengan pendapatan bisa mencapai miliaran rupiah. 

Contohnya Tyler Blevins, pria asal Amerika Serikat yang dinobatkan sebagai gamer terkaya di dunia oleh Forbes dengan kekayaan 17 juta USD atau Rp 232 miliar.

Gamer sekaligus youtuber, Felix Kjellberg ---yang dikenal juga dengan nama PewDiePie--- juga mendulang kesuksesan dengan kekayaan mencapai 15 juta USD atau Rp 204 miliar. 

Selain kemajuan teknologi dan makin canggihnya perangkat pendukung untuk ngegame, semakin banyaknya kompetisi game profesional jadi salah satu faktor meningkatnya tren gamer di kalangan masyarakat, terutama kalangan muda.

603069eece695-634add6d08a8b51bdb136f47.jpg
603069eece695-634add6d08a8b51bdb136f47.jpg
Dapat dilihat game online sendiri merupakan hal yang sangat menarik bagi kalangan muda tetapi disisi lain, game online sendiri dapat menimbulkan kecanduan bagi para pemainnya. Kecanduan itu sendiri memiliki makna yang sama ketika mengalami kecanduan narkoba, untuk itu kecanduan game online sering disebut sebagai Narkolema (Narkoba Lewat Mata). 

Jika seseorang berada di tahap kecanduan game online, berarti telah terjadi kerusakan yang sama pada orang tersebut, seperti kerusakan saat mengkonsumsi narkoba. Selain itu, pada bagian psikologi terjadi masalah yang disebabkan karena terlalu sering terpapar game online. 

Dalam hal ini, game online dapat mempengaruhi otak secara psikis dan bisa menimbulkan respon yang dapat dibilang tidak normal. 

Tidak hanya itu, kecanduan game online juga dapat terjadi pada siapa saja, terutama bagi seseorang yang sedang mengalami depresi dan frustasi, dengan memilih pengalihannya pada game online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun