Mohon tunggu...
Yumi Novita Dewi
Yumi Novita Dewi Mohon Tunggu... Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Dosen tetap di STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Word Processor untuk Guru dan Remaja Pengajian TPQ Nurul Huda

23 Oktober 2019   15:19 Diperbarui: 23 Oktober 2019   15:40 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pelatihan Word Processor untuk Guru dan Remaja Pengajian TPQ Nurul Huda
Foto Bersama Remaja dan Guru TPQ Nurul Huda Minggu (20/10/2019) | dokpri

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK) Nusa Mandiri, telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 29 September, 6 Oktober, 13 Oktober dan 20 Oktober 2019. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam rangka memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi. Pelatihan yang diadakan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri adalah Pelatihan Word Processor Untuk Guru dan Remaja Pengajian Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Huda.

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nurul Huda yang beralamatkan di jalan Sunter Muara RT/RW 012/03 Kelurahan Sunter Agung ini merupakan salah satu tempat pendidikan non formal yang mengajarkan dan memperdalam Ilmu Agama. Pengabdian ini dilakukan di RPTRA Sunter Muara. Hal ini disebabkan karena keterbatasan tempat dari ruang TPQ Nurul Huda. 

Tema yang diusung dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah bagaimana cara untuk membuat dokumen pembuatan makalah. Kebanyakan dokumen Word diatur dalam kondisi standar, menggunakan tipografi Times New Roman atau Calibre, sebagai contoh mungkin dengan penggunaan Word Art akan menambah variasi dalam pembuatan makalah. Dalam Word berisi banyak tools efek teks yang akan memberi apapun yang dibutuhkan untuk membuat sebuah seni yang indah dari makalah yang dibuat.

Peserta tampak sangat antusias dengan kegiatan PM oleh STMIK Nusa Mandiri | dokpri
Peserta tampak sangat antusias dengan kegiatan PM oleh STMIK Nusa Mandiri | dokpri
Kepala TPQ Nurul Huda menyambut baik adanya kegiatan ini. "Saya sangat senang dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini, terutama karena temanya yang menarik dan sangat bermanfaat bagi remaja dan guru khususnya di lingkungan TPQ Nurul Huda". 

Kegiatan yang diawali dengan kata sambutan ketua pelaksana pengabdian masyarakat oleh bpk. Mohammad Badrul, M.Kom. dilanjutkan perkenalan anggota tim lainnya, yang terdiri dari dosen-dosen Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK) Nusa Mandiri, yaitu bpk. Irfan Mahendra, M. Kom, sebagai Tutor, ibu Ester Arisawati, M.Kom, bpk, Oki Rosanto, S.Sos, MM., bpk. Santoso Setiawan, M.Kom. dan ibu Yumi Novita Dewi, M.Kom. Pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK) Nusa Mandiri.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berjalan dengan lancar sampai akhir acara, dan pada setiap tatap mukanya ditutup dengan diskusi mengenai workshop dan pembagian souvenir/cendramata. Kami berharap semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus berlanjut guna memantapkan pengetahuan di bidang teknologi, khususnya keahlian dalam menggunakan aplikasi micosoft word (YMD).