Mohon tunggu...
heru suti
heru suti Mohon Tunggu... Administrasi - Merdeka

Menulis untuk menghasilkan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Tilang, Kenaikan BBM, dan Kecerdasan Mengomel

10 September 2022   07:57 Diperbarui: 10 September 2022   08:00 111 26 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: mediakasasi.com

Alkisah pada suatu grup perpesanan sebuah RT di negara berkembang berbunga-bunga nan elok permai, seorang perantau dari nun jauh di sana mengunggah sebuah info penting.

Ya, sebuah info penting tentang suatu hal yang dianggap gawat. Saking gawatnya ia sampai harus berpesan kepada para warga agar berhati-hati.

"Ati-ati lur, sekarang di perempatan nganu ada CCTV-nya. Kalo lewat situ pake helm biar gak kena tilang kayak temenku.." Beliau berkata kata via teks di aplikasi perpesanan tersebut sambil mengunggah sebuah hasil cetak bukti tilang pelanggaran lalu lintas. Bukti tilang itu disertai foto pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tanpa mengenakan helm.

"Itu bukan CCTV ges, tapi oknum polisi yg berseragam preman yang ada di lokasi sengaja memfoto pake HP.." Kang Yit menyahut memberikan pengetahuan terkininya terkait teknis operasi polisi dalam hal tilang menilang.

Saya langsung gatal melihat analisis kakang saya satu ini.

"Lho kang, mosok ya oknum? Oknum itu pilihan kata untuk yang biasanya berkesan tidak baik. Lha itu kan polisi memfoto orang gak pake helm kan ya kerja to Kang. Bukan oknum, tapi polisi yang sedang bekerja.."

Kata oknum kalau menurut KBBI sebenarnya punya tiga makna. Pertama, penyebut diri Tuhan dalam agama Katolik; pribadi. Kedua, orang; perseorangan. Ketiga, orang atau anasir (dengan arti yang kurang baik).

Kata tersebut konon mengalami perubahan makna yang lebih buruk atau peyorasi sehingga lebih banyak digunakan untuk arti ketiga.

"Lha kalau sedang kerja ya bukan oknum dong, Kang? Oknum itu ya kalo korupsi atau menembak bawahannya, eh..." saya memberi kesempatan pada jari-jemari saya yang gatal pengen nanggepi komentar Kang Yit.

"Yang kedua, mosok ya pakai seragam preman. Yang gimana itu seragam preman? Apa ya ada? Mosok preman pake seragam, dipakai polisi pula?" saya meneruskan pertinyiin memancing keributan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan