Mohon tunggu...
Yessi Sagita
Yessi Sagita Mohon Tunggu... Mahasiswa aktif Universitas Sebelas Maret (UNS)

happy to taste, sad as necessary, but grateful as much

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN UNS Turut Serta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

1 Juli 2020   11:30 Diperbarui: 1 Juli 2020   16:33 52 0 0 Mohon Tunggu...

Demak, 30 Juni 2020 - Mewabahnya Covid-19 di Indonesia, membawa dampak yang dirasakan oleh masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Universitas Sebelas Maret berupaya mengambil andil dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan merecognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi penerjunan relawan tanggap Covid-19 ke berbagai wilayah di Indonesia.

KKN UNS Era Covid-19 ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara mandiri di wilayah masing-masing selama 32-45 hari, terhitung sejak 14 Mei – 30 Juni 2020. Salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN UNS Era Covid-19 adalah Yessi Sagita (K5117078) mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa, yang melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Kebonrojo RT/RW 04/10 Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Program kerja yang dilaksanakan terdiri dari berbagai kegiatan, baik kegiatan lapangan maupun kegiatan secara daring/online melalui group whatsapp ibu-ibu PKK Dusun Kebonrojo RT/RW 04/10 seperti penyebarluasan informasi terkait Covid-19, pemasangan poster dan MMT di lingkungan Dusun Kebonrojo, pengadaan fasilitas cuci tangan, dan pembagian masker kain kepada warga. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengacu pada protocol keselamatan Covid-19 di bawah bimbingan Bapak Drs. Bambang Harjito, M.App.,Sc, Ph.D. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Berbagai tanggapan pun diberikan warga Dusun Kebonrojo RT/RW 04/10, “Alhamdulillah, mendapat antusias dan respon yang baik dari warga, walaupun dalam pelaksanaannya memang ada kendala atau tantangan yang muncul, seperti sedikitnya respon atau tanggapan warga ketika penyebarluasan informasi melalui group whatsapp, tetapi yang terpenting dari pelaksanaan kegiatan ini semoga apa yang telah dilaksanakan memberikan kebermanfaatan bagi warga setempat ” ujar Yessi.

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga untuk menerapkan himbauan pemerintah terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik, memakai masker ketika berpergian keluar rumah, dan menjaga kesehatan dan kebersihan diri melalui program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Walaupun belum mencapai hasil yang optimal, akan tetapi keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini cukup baik dengan meningkatnya kesadaran warga untuk memakai masker ketika berpergian keluar rumah, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dan menambah pemahaman serta pengetahuan warga khususnya terkait wabah Covid-19 di Indonesia.

VIDEO PILIHAN