Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

HATN 2022: Lebih dari Satu Dekade Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Imunitas dan Kesehatan

12 Agustus 2022   21:36 Diperbarui: 12 Agustus 2022   21:45 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok: https://databoks.katadata.co.id

Jelang 11 tahun pencanangan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) sejak 2011 silam oleh Menteri Pertanian Dr. Suswono pada Festival Ayam dan Telur di Senayan Jakarta. 

Maka, tinggal dua bulan lagi tepat pada tanggal 15 Oktober 2022 mendatang akan menjadi perayaan HATN yang ke-11. Provinsi Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah perhelatan kegiatan HATN 2022 dengan Kota Bukittinggi dan Kota Padang sebagai destinasinya. 

Alasan pemilihan Kota Bukittinggi sebagai lokasi puncak peringatan HATN diharapkan menjadi magnet kunjungan ke Sumatera Barat sehingga dapat meningkatkan pariwisata dan ekonomi para peternak.

Berdasarkan Indeks Daya Saing Daerah 2021 yang dirilis oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kota Bukittinggi unggul pada aspek faktor penguat (2,75) dan sumber daya manusia (2,68). Selain itu, pilar yang unggul adalah kelembagaan (4,00); infrastruktur (2,25); perekonomian daerah (2,01); kesehatan (3,25); pendidikan dan keterampilan (2,12); efisiensi pasar produk (2,50), dan kesiapan teknologi (2,50).

Sementara itu, Kota Padang akan dipusatkan sebagai area seminar yang akan dihadiri para pakar di bidang peternakan dan kesehatan hewan dari seluruh Indonesia. Berdasarkan Indeks Daya Saing Daerah 2021, Kota Padang unggul pada aspek faktor penguatan (1,74) dan ekosistem inovasi (1,67). Sedangkan dari segi pilar yang unggul adalah infrastruktur (2,83); pendidikan dan keterampilan (2,0); dan kesiapan teknologi (2,25).

Dalam rapat persiapan bersama antara Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, telah disampaikan beberapa rencana agenda peringatan HATN 2022 diantaranya adalah pemecahan Rekor MURI minum teh talua terbanyak, dan lomba cipta menu makanan berbahan dasar ayam dan telur. 

Kegiatan ini juga menjadi pendukung kampanye konsumsi dua butir telur per hari yang telah dicanangkan oleh Pemprov Sumatera Barat. Mengingat bahwa telur merupakan sumber protein tinggi dengan harga terjangkau dan peningkatan konsumsi protein sendiri penting dalam hal pencegahan stunting/tengkes.

Adapun teh talua atau teh telur adalah minuman manis khas Sumatera Barat. Wikipedia melansir bahwa minuman ini berupa kocokan teh ditambah gula dan telur dengan tambahan sedikit perasan jeruk nipis. 

Telur yang digunakan umumnya adalah telur ayam kampung. Teh talua biasanya dikonsumsi sebagai penambah stamina kerja. Selain itu, teh talua dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh karena adanya kandungan kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, dan K.

HATN merupakan kegiatan perayaan rutin yang terus dilaksanakan tiap tahunnya dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap manfaat gizi ayam dan telur bagi kesehatan diantaranya sebagai sumber protein untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan. Selain itu, ayam dan telur merupakan sumber protein dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.

Peringatan HATN ini berupaya meningkatkan awareness masyarakat dalam mengkonsumsi ayam dan telur sebagai protein hewani yang penting untuk kesehatan dan mendukung kecerdasan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun