PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI KBM NU 83 HIDAYATUS SHIBYAN
Evaluasi merupakan sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.(menurut suchman 2010,hal56.)
Sedangkan evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses menganalisa, mengumpulkan serta mengintepretasi suatu informasi secara runtut untuk menetapkan sudah sejauh mana tujuan pembelajaran tersebut membuahkan hasil (grondlund & lin 1990).
Nahh.. kali ini kita akan membahas evaluasi apa saja sih yang diterapkan di KBM NU 83 HIDAYATUS SHIBYAN? Dan bagaimana tahapan evaluasi tersebut? Serta apa saja yang perlu direncanakan sebelum melakukan evaluasi pembelajaran, dan kita juga akan membahas aspek-aspek yang dikembangkan ketika proses evaluasi tersebut berlangsung, berikut ini penjelasannya.
Narasumber              : ibu zuhrotun nisa', S.Pd  & ibu  Nanik Ilmiyah, S.Pd
Pewawancara            : yenny zannuba
Nama sekolah            : KBM NU 83 Hidayatus Shibyan  sukomulyo manyar gresik
Tujuan reportase : untuk mengetahui jenis-jenis evaluasi serta mengetahui aspek yang dikembangkan pada saat evaluasi tersebut berlangsung.
Menurut wawancara yang saya lakukan dengan bu esa & bu mia bahwa di KBM NU 83 HIDAYATUS SHIBYAN ini sudah menerapkan kurikulum merdeka, dan menggunakan 4 jenis evaluasi yaitu:
1. evaluasi Anekdot
2. evaluasi hasil karya