Mohon tunggu...
Yeni R. Hutasuhut
Yeni R. Hutasuhut Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Kimia - UNIMED 2020

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. -Do what you prayed, pray for what you do- Yeni Rossito Hutasuhut, seorang mahasiswi jurusan Kimia Nondik 20A di UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Sedang berada disemester 3 yang tengah memasang target pendidikan hingga ke pendidikan master. Selain ketertarikan pada dunia akademis kimia, hobi saya adalah mendengarkan musik dan membaca buku kala senggang. Pasti masa depan akan sangat seru dan tak bisa ditebak ke mana arah perjalanan saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Penggunaan AC Pada Kesehatan Maupun Pada Lingkungan

1 Desember 2021   23:00 Diperbarui: 1 Desember 2021   23:40 92 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Prinsip Kerja AC ( Sumber: https://youtu.be/U9fBDlvXXKE )

Assalamualaikum sobat milenial,,,, Annyeong chinguyaa....!!! 

Uda pada tahu belum bahwa AC yang kita gunakan sehari hari itu memiliki pengaruh terhadap kesehatan untuk tubuh kita sendiri maupun untuk kesehatan lingkungkunga kita, lho....

Penggunaan Air Conditioning, atau yang kita kenal dengan sebutan AC, telah menjadi wajib hampir di sejumlah rumah. Bahkan ada sejumlah orang yang tidak bisa hidup tanpa AC,lho.... Mereka akan membutuhkan AC di kamar mereka, kantor, mobil, teater dan hampir di mana-mana. 

AC dibutuhkan karena suhu sekitarnya sangat tinggi atau panas. Penyebab panas adalah sejumlah sumber lain yang melepaskan panas di dalam ruangan, yang menyebabkan kenaikan suhu ruangan dan sehingga menyebabkan ketidak nyamanan kondisi di dalam ruangan. 

AC menghasilkan kondisi kenyamanan pada tubuh manusia, di mana manusia akan cenderung merasa sangat nyaman ketika menggunakan AC. Dalam kondisi ini efisiensi kerja manusia menjadi maksimum, maka mereka mampu bekerja dengan semangat yang lebih besar.

Nah chingu, disini ada beberapa keuntungan dari bekerja dilingkungan yang ber-AC ataupun menggunakan AC :

  • Efisiensi dari Manusia Meningkat
  • Penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi kenyamanan kapasitas kerja manusia meningkat. Jika suhu ruangan sangat tinggi, tidak semua panas dari tubuh dilepaskan dan orang merasa tidak nyaman dari dalam yang menyebabkan iritasi pikiran dan kurangnya konsentrasi. Orang juga cenderung merasa cepat bosan dalam suhu udara yang panas. Pada kondisi kenyamanan yang diciptakan oleh AC, orang merasa damai dari dalam dan mampu bekerja lebih baik. Udara bersih lebih membantu manusia melakukan lebih banyak pekerjaan.
  • Kesehatan yang Lebih Baik
  • AC membantu sirkulasi disaring udara di dalam ruangan atau kantor. Udara ini bebas dari debu dan kotoran partikel, asap, mikro organisme, bakteri, dan lain-lain. Dengan AC, lingkungan yang sehat dibuat di dalam ruangan dan kesehatan orang akan selalu ditingkatkan karenanya
  • Mengurangi Kebisingan
  • Jendela kamar dan kantor akan ditutup ketika menghidupkan AC, karena itu suara dari luar sedikit sekali memasuki kamar/kantor. Dan AC sendiri mengeluarkan suara sangat rendah. Dengan demikian maka akan ada ketenangan di dalam kamar, yang memberikan tidur yang menenangkan di malam hari dan juga menjaga perdamaian di dalam rumah sakit dan teater. Kebisingan di dalam ruangan ber-AC bisa lebih dikurangi dengan penggunaan sound proofing pada dinding ruangan.
  • Udara Menjadi Segar
  • Udara segar dapat tercipta di dalam ruangan dengan membuka pintu atau jendela. Akan tetapi, segar juga dapat diciptakan oleh blower dari AC.

Eittssss, kalau  ada dampak positif. Pasti juga ada dampak negatif dari penggunaan AC bagi kesehatan kita lhoo chingu, yaitu :

  • Mata Kering
  • Dehidrasi
  • Kulit Kering
  • Masalah Pernapasan
  • Asma Dan Alergi
  • Sakit Kepala
  • Penyakit Menular
  • Mudah Lelah

Chinguu uda pada tau belum gimana cara kerja AC bisa mendinginkan suhu ruangan sampai bikin adem buat kita? jadi, begini cara kerja AC :

Cara kerja AC memanfaatkan suatu campuran kimia sehingga menciptakan lingkungan tertutup dimana di dalamnya terjadi penguapan dan kondensasi secara berulang kali. Campuran inilah yang disebut dengan refrigerants, chingu. Nah, refrigerants ini terdiri dari klorofluorkarbon (CFC), hidroklorofluorkarbon (HCFC), ataupun perfluorokarbon (FC).

Pertama-tama, refrigrant dipompa oleh kompresor sehingga menghasilkan output refrigrant berbentuk gas bertekanan yang panas dan kemudian masuk ke coilcondensor. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan