Mohon tunggu...
Yeni Aryanti
Yeni Aryanti Mohon Tunggu... Hi, Saya Yeni. An ordinary human. Mahasiswa UNINDRA. Calon S,pd.

Hobby Menulis, bernyanyi, dan Mempelajari ilmu kehidupan. Semoga yang saya share bisa bermanfaat untuk kita semua. Enjoy yaa!.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Cegah Gokil ala Milenial

10 Maret 2020   23:34 Diperbarui: 11 Maret 2020   00:10 9 0 0 Mohon Tunggu...

Anak muda wajib baca biar gak "GOKIL"

Gokil adalah Istilah dari kata gila alias gangguan jiwa. Salah satu penyebab orang bisa gokil sepertinya karena orang terkungkung dengan budaya menjaga hati, menjaga perasaan, lebih baik menduga-duga, menebak daripada bertanya dengan alasan budaya tadi.

Tapi anak milenial tentu bukan penganut itu, tujuannya biar tidak gokil. Istilah sekarang kita tuh harus SPEAK UP, mau bertanya, mencoba dan berkarya. Bukan menduga-duga, mengira, menjaga perasaan orang yang padahal belum tentu kebenarannya, karena kita bukan Paranormal, pembaca garis tangan, atau "mainan di IG/FB" yang bisa menebak akan jadi apa kamu 5 tahun kedepan dll. 

Setelah bertanya/klarifikasi semua terang, rasanya lega, tanpa harus menduga-duga, mengira-ngira yang bisa jadi hasilnya keliru, tidak masalah meskipun terkadang ada orang ketiga yang tidak setuju akan ngomong seperti "Kenapa lu tanya begitu, harusnya ga kaya gitu" (SOK BENER). 

Kita tahu bahwa tingkat kecepatan orang  dalam memahami sesuatu itu berbeda, dan karakternya juga berbeda ada yg perlu dirinci, "diceletukin" baru ngerti dan bisa mengklarifikasi, ada yang cukup "dikode-kodein" juga sudah paham, jadi tidak bisa memaksakan untuk semua jadi sama. Selain itu, bahasa yang sifatnya dinamis juga bisa jadi memiliki beberapa makna jadi penting untuk klarifikasi.

Klarifikasi juga penting supaya tidak mudah teradu domba. Contoh penyebab Tawuran pelajar itu biasanya karena teradu domba oleh pihak lain.

Nah mumpung masih muda nih, orang muda itu dimaklumi, punya pemikiran yang kritis, jadi jangan sampai kita memiliki budaya yang menyebabkan "kegokilan" kita, jangan bosan bertanya, mencoba, dan berkarya dah. Hihi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x