Mohon tunggu...
Yeha aini
Yeha aini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama Yeha aini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UNPAM Gelar PMKM Untuk Mengajarkan Bahasa Inggris di TKAT Assalam Tangerang

5 Desember 2022   11:50 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:06 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi menjadikan hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata.  Terutama di era globalisasi saat ini keterampilan berbahasa sangat dibutuhkan , bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Tidak hanya digunakan dalam komunikasi Internasional berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sudah menjadi trend saat ini.

Sehingga sebagian orang tua sudah memberikan kursus bahasa Inggris kepada anak - anak mereka sejak dini. Namun tidak semua orang tua menyadari pentingnya mengembangkan kemampuan berbahasa sejak dini kepada anak - anak atau pun faktor lainnya yang menghambat, seperti waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk memberikan anak - anak mereka kursus berbahasa Inggris.

Berangkat dari kekhawatiran tersebut, para mahasiswa yang memiliki cukup pengetahuan tentang bahasa Inggris tergerak untuk ikut berkontribusi langsung dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) untuk mulai meningkatkan pengetahuan berbahasa Inggris sejak dini.

Kegiatan PMKM ini dilaksanakan pada tanggal 27 - 29 November 2022. Kegiatan ini bertempat di TK AT Assalaam yang berlokasi di Perumahan Mutiara Garuda, Kampung Melayu, Tangerang. Dengan tema "Meningkatkan Kosakata dan Pelafalan Bahasa Inggris melalui Media Bergambar dan Video".
Para mahasiswa yang terdiri dari 9 (sembilan) orang telah berkerjasama dalam merancang agenda pembelajaran untuk menciptakan gaya belajar yang menarik dan mudah di pahami. Kegiatan tersebut diawali dengan perkenalan para mahasiswa kepada anak - anak, dan pemanasan dengan permainan untuk membuat suasana ceria.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Selanjutnya mulai menyampaikan kosakata dan pelafalan dengan menggunakan media bergambar dan  lagu - lagu yang menyenangkan.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Setelah penyampaian kosakata dan Pelafalan selesai, anak - anak diajak untuk mengulangi kembali pembelajaran secara bersama-sama.

Dokpri
Dokpri
Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dari pembelajaran yang disampaikan, diadakan games berhadiah. Anak - Anak yang berani maju ke depan dengan menjawab pertanyaan dengan tepat mendapatkan hadiah sebagai apresiasi atas peningkatan bahasa Inggris yang sudah dipelajari.
Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun