Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bingung Memilih Menu Makan Siang? Makan Sushi Aja

4 Oktober 2022   13:53 Diperbarui: 13 Oktober 2022   14:23 3261 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
makan sushi yummy (dok. yayat)

Penikmat makanan Jepang pasti tak asing dengan makanan Jepang yang Bernama Sushi. Sushi adalah makanan Jepang yang mendunia dan banyak penggemarnya, termasuk di Indonesia. Saya dan anak-anak saya sungguh menggemari Sushi. Kalau kami berencana makan bersama di restoran, anak-anak pasti akan meminta untuk makan di restoran yang menjual Sushi.

Meski dikenal sebagai makanan Jepang tapi Sushi sebenarnya tidak berasal dari Jepang, lho. Sebelum masuk ke Negeri Matahari Terbit, sushi sebenarnya sudah lebih dulu dikonsumsi oleh orang Asia Tenggara tepatnya mereka yang tinggal di sekitar sungai Mekong. Sushi modern sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1800-an oleh Hanaya Yohei.

Sushi adalah makanan sehat karena dibuat dari nasi dan ditambahkan ikan dan seafood segar. Kreatifitas para koki dalam membuat Sushi memunculkan Sushi dengan tambahan baru misalnya dengan menambahkan buah alpukat. Karena terbuat dari bahan-bahan segar, Sushi dibuat menjelang dihidangkan agar kesegarannya tetap terjaga dan segera dimakan ketika dihidangkan.

Sushi banyak variannya (dok. yayat)
Sushi banyak variannya (dok. yayat)

Meski sushi memiliki banyak jenis tapi pada dasarnya makanan ini terbagi menjadi enam kategori yaitu Chirashizushi atau sushi yang tersebar, Inarizushi yaitu sushi yang tidak ada ikan di dalamnya, Makizushi yaitu sushi yang digulung, Narezushi atau sushi yang matang, Nigirizushi untuk sushi yang ditekan dengan tangan dan Oshizushi atau sushi yang ditekan atau berbentuk kotak.

Menyantap Sushi sebagai Menu Makan Siang

Hari itu cuaca Jakarta panas sekali, saya lirik jam di tangan saya, jarum pendeknya menyentuh angka dua. Wah, sudah jam 2 siang.

Meeting panjang yang baru selesai saya lakukan hari itu membuat saya lupa waktu. Perut yang keroncongan, mengingatkan saya bahwa saya belum makan siang. Niat saya untuk minum kopi saya batalkan, makan siang dulu supaya perut terisi.

Lokasi meeting saya ada di area Kuningan Jakarta. Banyak sekali tempat makan dan restoran di wilayah ini. Jenis makanan yang beragam tidak menyulitkan kita memilih makanan. Namun, hanya satu makanan yang terlintas di pikiran saya, Sushi! Iya, saya ingin makan Sushi. Saya melangkah menuju mal Kuningan City, mal yang terdekat dengan posisi saya saat ini, untuk makan Sushi di satu restoran Jepang yang ada di sana. 

Sushi dibuat menjelang disajikan (dok.freepik.com/free-photo)
Sushi dibuat menjelang disajikan (dok.freepik.com/free-photo)

Restoran Jepang yang saya datangi bukan hanya menjual Sushi, tetapi juga jenis makanan Jepang lainnya seperti ramen, udon, teppanyaki, gyoza, donburi, chuka wakame sashimi, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan