Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Di MotoGP Qatar, Ducati Full Power, tapi Kalah oleh Maverick Vinales

29 Maret 2021   02:43 Diperbarui: 29 Maret 2021   02:48 676 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di MotoGP Qatar, Ducati Full Power, tapi Kalah oleh Maverick Vinales
perfect start dari Vinales (dok.motogp.com)

Yessss.. MotoGP 2021 resmi dimulai. Seri pertama sudah selesai digelar di Losail Circuit International Qatar hari ini yang berlangsung cukup seru dan berakhir dengan Maverick Vinales menjadi juara seri Qatar. Vinales mematahkan prediksi banyak orang yang menjagokan Pecco Bagnaia sebagai juara seri Qatar.

Tak salah orang menjagokan Bagnaia karena tim Ducati mencatat hasil bagus selama free practice. Di Qatar, tim Ducati tak menemukan masalah yang berarti. Berbeda dengan Petronas SRT yang masih up and down di seri Qatar. Meraih posisi 4 di sesi kualifikasi, Valentino Rossi malah merosot ke posisi 12 saat finis. Sama jeleknya dengan Morbidelli yang cuma mampu finis ke 18.

Ya memang Vinales bisa juara, namun Quartararo tidak dapat berbuat banyak dalam menahan serangan dari Ducati dan Suzuki. Sempat ngacir di top 3 tapi akhirnya Quartararo bisa finis kelima dengan penuh perjuangan.

awal 2021 yang lumayan buat Bagnaia (dok.motogp.com)
awal 2021 yang lumayan buat Bagnaia (dok.motogp.com)
Yang paling apes sebenarnya Joan Mir. Nyaris merengkuh podium 2, tapi ia malah melambat di finish line yang langsung dibalap dengan mudah oleh Johann Zarco dan Bagnaia. Sebuah anti klimaks dari Joan Mir yang sudah berjuang sejak di pertengahan balapan.

Ducati Full Power

Balapan melahap 22 lap. Marquez absen dan digantikan sementara oleh Stefan Bradl. Bagnaia memulai balapan dari posisi pole dan melakukan start sempurna hingga ngacir di depan. Belum juga selesai satu lap, Danillo Petrucci harus mengakhiri balapan karena jatuh.

Ducati langsung mendominasi lap-lap awal dengan menempatkan pembalapnya di posisi 1 sampai 4. Lap kedua Zarco lewati Miller buat posisi dua. Sementara The Doctor berusaha lewati Vinales buat posisi 6. Lap ketiga Quartararo lewati Jorge Martin buat posisi 4.

gagal unjuk gigi (dok.motogp.com)
gagal unjuk gigi (dok.motogp.com)
Joan Mir perlahan tapi pasti terus naik. Ia lewati Rossi buat posisi 8. Praktis hanya Rossi, pembalap Petronas SRT yang berjuang di top 10. Karena Morbidelli kesulitan di atas 15 besar. Lap keempat, top 3 didominasi oleh rider-rider Ducati yaitu Bagnaia, Miller dan Zarco.

Lap keenam Rossi turun lagi ke posisi 9, sementara Morbidelli putus asa di posisi 19. Zarco lewati Miller buat posisi 2. Ia mengejar Bagnaia hingga terpaut 0,342 detik. Quartararo juga lewati Miller buat posisi 3. Jadi top 3 saat ini adalah Bagnaia, Zarco dan Quartararo.

Lap ketujuh Nakagami ketiban apes jatuh dan out. Motornya terseret ke gravel hingga menimbulkan percikan api. Namun Nakagami tak mendapat cedera. Lap kedelapan Zarco makin mendekati Bagnaia sementara Vinales lewati Miller buat posisi 4. Rossi menghilang dari kamera. Ia berada di posisi 11.

duo rider Italia (dok.motogp.com)
duo rider Italia (dok.motogp.com)
Lap kesepuluh Vinales bersiap merebut posisi 3 dari Quartararo. Vinales berhasil di lap kesebelas. Kelar mempecundangi Quartararo, sekarang Vinales mengejar Zarco di posisi dua. Gapnya tipis saja di 0,296 detik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x