Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Brad Binder Juara MotoGP Brno, Tim Satelit Sapu Bersih Podium

10 Agustus 2020   00:52 Diperbarui: 10 Agustus 2020   05:04 255 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Brad Binder Juara MotoGP Brno, Tim Satelit Sapu Bersih Podium
Yang happy di podium Brno (dok.motogp.com)

Podium Brno hari ini dihiasi wajah-wajah rider yang tidak biasanya berdiri di podium. Brand Binder menjadi juara seri Republik Ceko hari ini, diikuti Franco Morbidelli di podium dua dan Johann Zarco di podium tiga. Quartararo yang dijagokan jadi juara malah nggak masuk top 5. Lagi trouble kayaknya dia.

Marc Marquez masih belum bisa mengikuti balapan karena pemulihan pasca operasi. Pecco Bagnaia juga absen setelah cedera akibat jatuh di FP1 Czech GP. Musim MotoGP 2020 banyak kepotong gara-gara pandemi. Absen balapan karena cedera akan jadi kerugian yang cukup besar.

Hari ini peraih podium Czech GP berasal dari tim satelit. Tim pabrikan sedang tak berkutik. Valentino Rossi cuma mampu finis kelima di belakang rider Suzuki, Alex Rins. Maverick Vinales malah lebih parah, ia finis ke 14. Tim Ducati juga sama nggak mampu berbuat banyak juga. Dovizioso hanya mampu finis ke 11 setelah memulai balapan dari posisi 18.

Morbidelli happy finis kedua (dok.motogp.com)
Morbidelli happy finis kedua (dok.motogp.com)
Jalannya balapan
Balapan berlangsung dalam 21 lap. Johann Zarco memulai balapan dari posisi pole. Tapi saat start, Morbidelli melakukan start sempurna dan melaju ke depan. Brad Binder menyodok ke posisi 4. Lalu naik lagi ke posisi 3 di lap ketiga. Top three saat ini adalah Morbidelli, Quartararo dan Brad Binder.

Lap keempat, Binder head to head dengan Quartararo berebut posisi dua. Rossi yang start dari posisi 10 masih terseok di posisi delapan. Joan Mir dan Leucona jatuh dan out dari balapan. Lap ketujuh, Pol Espargaro menguntit Binder. Tapi Binder gaspol dan lewati Quartararo di posisi dua. Crew KTM berteriak.

Quartararo tambah turun posisi setelah kena overtake Pol Espargaro. Dua rider KTM di posisi 2 dan 3, tapi podium masih jauh dari rengkuhan, wong balapan baru masuk lap kesembilan. Lap kesepuluh, Pol Espargaro melebar dan Quartararo balik lagi ke posisi 3. Pol menyentuh motor Zarco ketika sama-sama memasuki tikungan. Apes buat Pol, ia hilang keseimbangan dan berakhir di gravel. Brno selesai untuk Pol. Nggak jadi podium deh.

Zarco menyelamatkan Ducati (dok.motogp.com)
Zarco menyelamatkan Ducati (dok.motogp.com)
Insiden Pol dan Zarco diinvestigasi Race Director. Hasilnya adalah, Zarco kena long lap penalty gara-gara insiden ini. Terlihat Paolo Ciabati, Sporting Director Ducati protes berat dengan hukuman ini. Lap ke 11, Zarco naik ke posisi 3 setelah lewati Quartararo. Top three saat ini adalah Morbidelli, Binder dan Zarco.

Lap ke 22, Rossi naik ke posisi 6, lumayan. Gap Morbidelli dan Binder kian tipis. Sembilan lap tersisa, Binder sukses lewati Morbidelli buat posisi 1 dan langsung gaspol membuat jarak dengan Morbidelli. Crew KTM hore hore.

7 lap tersisa, Quartararo dapat ancaman dari Alex Rins. Rins head to head dengan Quartararo berebut posisi 4. Rossi di posisi 6 nonton aja. Rins berhasil lewati Quartararo buat posisi 4. Nggak mau kalah, Rossi juga lewati Quartararo buat posisi 5. Baru bangun nih The Doctor.

gagal podium ke 200 (dok.motogp.com)
gagal podium ke 200 (dok.motogp.com)
5 lap tersisa, Zarco melakukan hukuman Long Lap Penalty. Bahkan setelah melakukan penalty, Zarco nggak kehilangan posisi, ia tetap di posisi 3. Pacenya bagus emang. Posisi saat ini adalah Binder, Morbidelli, Zarco, Rins, Rossi, Oliveira dan Quartararo. Kalo nggak bikin kesalahan, Binder bisa juara.

Alex Rins panas hati diasapi Zarco. Ia tempel ketat Zarco dan bersaing buat posisi tiga. Dua lap tersisa, jarak Zarco ke Rins terpaut 0,397 detik. Sementara Binder aman dari Morbidelli, keduanya terpaut 3 detik. Sayang Rins kehabisan waktu. Garis finis di depan mata. Rins kudu puas finis keempat. Not bad Rins.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x