Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hidangan adalah Kunci Sukses jadi Tuan Rumah Arisan

25 Februari 2020   15:38 Diperbarui: 25 Februari 2020   15:44 813
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
makanan arisan kudu enak (dok.freepik.com)

Ikut arisan itu sebenarnya bermanfaat terutama buat orang yang kesulitan nabung kayak saya. Kita "dipaksa" menyisihkan uang dengan nominal sekian setiap minggu atau bulan. Pas dapet arisan pas lagi butuh uang itu nikmat luar biasa. Makanya saya ikut arisan yang diadakan oleh ibu-ibu di lingkungan rumah tinggal saya.

Saya ikut beberapa arisan yang nominalnya kecil-kecil. Ketimbang ikut arisan yang dikocok sebulan sekali dengan nominal per orang sejuta rupiah, saya mendingan ikut arisan mingguan dan bulanan dengan nominal lebih kecil. Karena kemungkinan dapetnya lebih cepat dan arisan juga cepat selesai.

Di lingkungan saya, khusus untuk arisan perbulan, sistemnya kumpul sambil makan di rumah orang yang dapet arisan. Alesan para ibu-ibu sih biar sekalian silaturahmi. Sebagai orang yang jarang kumpul sama ibu-ibu, saya manut aja biar nggak dianggap orang yang nggak mau gaul sama tetangga.

Arisan system kumpul begini rentan jadi omongan negative sik. Kadang ibu-ibu yang nggak puas ketika kumpul arisan bisa jadi bergunjing di belakang. Yang paling sering sih ngomongin soal hidangan. Urusan perut adalah kunci. Makanya kalo ketempatan arisan, yang jadi perhatian saya adalah soal makanan. Bukan cuma karena nggak pengen jadi bahan gunjingan, namun para ibu ini adalah tamu yang wajib dilayani. Apalagi ketempatannya juga nggak tiap bulan, bisa setaun sekali aja.

bisa jadi hidangan arisan (dok.freepik.com)
bisa jadi hidangan arisan (dok.freepik.com)
Nah dari beberapa kali ngider ke rumah ibu-ibu yang ketempatan arisan dan ngerasain jadi tuan rumah arisan, saya punya beberapa tips supaya kita sukses jadi tuan rumah arisan, meminimalisir diomongin para ibu di belakang, begini :
  • Persiapan

Dari jauh hari mulai deh pikirkan persiapan arisan. Biasanya kan setelah arisan dikocok dan nama kita keluar, bulan depan kita jadi tuan rumah arisan. Bikin daftar hidangan, bersihkan peralatan makan yang akan digunakan, bersihkan karpet kalau mau lesehan, bersihkan area buat arisan, biasanya sih area ruang tamu. Persiapan dari jauh hari membuat kita tau apa yang kurang, misalnya sendok cuman ada 10 padahal ibu-ibu yang datang ada 20.

  • Waktu arisan

Beberapa hari sebelum arisan, make sure ke para ibu arisan buat waktu kumpul arisan. Biasanya jam kumpul itu pas makan siang atau jelang sore. Waktu kumpul ini berpengaruh pada hidangan arisan. Kalau kumpulnya pas makan siang, artinya kita kudu siapin makan siang. Kalo kumpulnya jelang sore, ya kudu siapin cemilan yang rada berat. Biasanya waktu kumpul sudah disepakati ketika ngocok cuman kadang bisa berubah mendekati hari H akibat keperluan mendadak para ibu, jadi make sure dulu ya.

Termasuk juga mengingatkan para ibu buat datang ke acara kumpul arisan. Sebenernya jarang sih ya orang nggak datang ke acara kumpul arisan, kalo di tempat saya sih, yang nggak datang arisan namanya akan dimasukkan ke kocokan lagi kalo pas dikocok nama dia yang keluar. Rugi kan.

nasi box Rasa Nyonya (dok.yayat)
nasi box Rasa Nyonya (dok.yayat)
  • Makanan kecil

Saya orang yang nggak mahir masak, maka sebisa mungkin saya nggak masak buat keperluan arisan. Resiko gede banget kalo maksa masak. Kalo masakan nggak sesuai di lidah para ibu, bisa diomongin 3 hari 3 malam.. syerem. So saya beli aja hidangan buat arisan. Namun meski beli, saya akan perhatikan rasa makanannya.

Supaya efektif, saya buat daftar hidangan mulai dari buah yang disajikan itu buah apa aja, makanan kecilnya apa aja plus makanan beratnya apa. Kalo nggak bikin daftar detail, biaya konsumsi bisa menguras kantong. Yang ada uang dapet arisan malah habis buat menjamu tamu-tamu arisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun