Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Marquez Juara MotoGP Australia dan Rossi Finis Kedelapan di Start yang Ke-400

27 Oktober 2019   14:26 Diperbarui: 28 Oktober 2019   07:56 0 8 2 Mohon Tunggu...
Marquez Juara MotoGP Australia dan Rossi Finis Kedelapan di Start yang Ke-400
Para peraih podium dan legenda Giacomo Agostini (dok.motogp.com)

Apa yang lebih bikin nyesek ketimbang kena overtake di tikungan terakhir? Jatuh di lap terakhir. Nyesek banget... setidaknya itulah yang dialami oleh Maverick Vinales yang sedang bertarung hebat dengan Marc Marquez di lap terakhir dan malah jatuh ketika menjelang finis. Akhirnya Marc Marquez jadi juara di MotoGP seri Australia yang berlangsung di sirkuit Philips Island hari ini.

Drama MotoGP Australia sebenarnya sudah berlangsung sejak kemarin, saat FP4 dan kualifikasi dibatalkan karena angin kencang. Miguel Oliveira jadi korban angin kencang tersebut.

Ia absen balapan hari ini karena cedera akibat jatuh ditabrak angin di FP4 kencang saat kecepatan motornya 300 km per jam. Motornya rusak parah dan ia dibawa ke rumah sakit karena cedera.

Para pembalap lalu diajak meeting soal keamanan kondisi trek oleh Race Direction dan diputuskan bahwa angin cukup berbahaya untuk para rider. Kualifikasi dilakukan tadi pagi sebelum warming up lap. Hasilnya adalah Vinales di pole position, Quartararo start kedua dan Marquez start ketiga.

Ada yang special dengan Valentino Rossi hari ini. Balapan ini adalah start ke 400 kali buat Valentino Rossi di ajang Grand Prix. Hashtag #Rossi400 pun mengemuka. Usia 40 tahun dan masih balapan, apa yang dicari The Doctor? 

"Racing is my passion", kata Valentino Rossi ketika diwawancara. Start ke 400 adalah prestasi tersendiri yang bisa jadi sulit dilampaui oleh pembalap lain. Congratulations Rossi.

Jalannya Balapan
Balapan terdiri dari 27 lap dengan cuaca yang bersahabat. Quartararo melakukan start sempurna tapi Valentino Rossi melesat ambil alih posisi. Fans The Doctor bersorak melihat si aki-aki ini ngacir di depan...tumben kan. Namun masih terlalu dini untuk menganggap Vale akan menang balapan.

Lap kedua Petrucci tergelincir dan menyeret Quartararo ke gravel. Petrucci dan Quartararo out dari balapan. Rossi masih memimpin balapan dengan Crutchlow, Iannone dan Marquez melengkapi di top 4. Marc lewati Ian untuk posisi tiga, mudah saja. Crutchlow coba lewati Vale tapi malah Iannone yang berhasil lewati Marc lagi.

Lap keempat Vale tak bertahan di depan. Ia dilewati Crutchlow dan Iannone. Bahaya karena Marquez menempel di belakangnya. Para pembalap memang masih berjarak tipis saja jadi pergantian posisi masih sangat mungkin terjadi. Nyatanya Iannone lewati Crutchlow dan ganti memimpin balapan. Tapi Crutchlow melawan dan kembali di posisi terdepan.

Biar udah juara dunia tapi ngejar juara seri juga (dok.motogp.com)
Biar udah juara dunia tapi ngejar juara seri juga (dok.motogp.com)
Marc yang mulai panas lewati Iannone buat posisi 2. Vale meluncur ke posisi 5 setelah dibalap Vinales lalu turun lagi ke posisi 6 setelah dilewati Aleix Espargaro. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3