Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Kalahkan Marquez di Garis Finis, Alex Rins Jadi Juara MotoGP Inggris

25 Agustus 2019   22:02 Diperbarui: 25 Agustus 2019   22:32 0 11 5 Mohon Tunggu...
Kalahkan Marquez di Garis Finis, Alex Rins Jadi Juara MotoGP Inggris
Rins sukses pecundangi Marc di garis finis (dok.suzuki motogp)

Gimana rasanya dikalahkan pas di garis finis? Kalo itu ditanyakan ke Marc Marquez, jawabannya adalah "sakitnya tuh di sini (nunjuk jidat)". Karena Alex Rins sukses mempecundangi Marc Marquez di garis finis pada balapan MotoGP seri Silverstone Inggris yang berlangsung hari ini. Alex Rins sukses memenangi MotoGP seri Inggris.

Sepanjang lap memang pertempuran terjadi antara Marc Marquez dan Alex Rins. Balapan kali ini tak mudah untuk Marquez. Nyata ada kekecewaan di wajah Marc ketika dimintai komentarnya setelah balapan. Iyalah kecewa.. wong kalah terpaut 0.013 detik. Tipisssss... banget. Tapi Alex Rins emang kuat sih di balapan ini.

Jika Honda dan Suzuki bertempur hebat, Yamaha kembali jadi penonton. Hasil cukup menjanjikan di FP dan kualifikasi, nyatanya hanya memberikan podium 3 untuk Vinales dan finis keempat untuk Valentino Rossi. Padahal The Doctor start dari posisi 2. Apa daya motor Yamaha kembali kumat.

Insiden hebat terjadi di turn 1 selepas start. Fabio Quartararo slip, kehilangan kendali ban motornya dan jatuh. Persis di belakangnya ada Andrea Dovizioso yang tak kuasa menghindar. Motornya menabrak motor Quartararo. Dovi dan Quartararo jungkir balik ke gravel. Motor Dovi terbakar setelah beberapa kali salto. Quartararo tak cedera, namun Dovizioso terlihat pincang dan ditandu menuju medical centre. Kabar menyebut Dovi pingsan dan sempat hilang ingatan. Saat ini Dovi dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

get well soon Dovi (dok.motogp.com)
get well soon Dovi (dok.motogp.com)
Jalannya Balapan

Balapan terdiri dari 20 lap. Row pertama ada Marquez, Rossi dan Miller. Posisi menjanjikan sik buat The Doctor. Row  kedua ada Fabio Quartararo, Alex Rins dan Maverick Vinales. Lepas start Marquez memimpin balapan dan Vale di posisi dua. Di tikungan pertama insiden Quartararo terjadi. Dovi tak bisa menghindar. Dovi dan Quartararo out dari balapan.

Lap kedua, Rins lewati Vale buat posisi dua. Rins catat fastest lap. Top 3 saat ini adalah Marquez, Rins dan Vale. Lap ketiga Rins coba lewati Marc namun belum berhasil. Vinales lewati Morbidelli buat posisi 4. Lap 4 Marc catat fastest lap 2:00:015. Rins makin dekati Marc dan Vale malah makin menjauh dari Rins. Honda vs Suzuki dan Yamaha jadi penonton.

Lap 6 jarak Rins ke Vale di posisi 3 menjauh hingga 1 detik. Nampaknya Vale sulit untuk memangkas jarak dengan Rins. M1 kumat yekan. Vale malah mendapat ancaman dari Vinales di posisi 4. Vinales makin mendekat. Posisi saat ini adalah Marc, Rins, Vale, Vinales, Morbidelli, Crutchlow, Miller dan Nakagami.

kali ini Suzuki kalahkan Honda (dok.HRC MotoGP)
kali ini Suzuki kalahkan Honda (dok.HRC MotoGP)
Lap ketujuh jarak Vale ke Vinales terpaut 0,314 detik. Tinggal menunggu waktu Vale dibabat Vinales dannn nggak sampe selesai lap ketujuh, Vinales sukses lewati Vale buat posisi 3. Vale tak melawan. Tito Rabat crash dan out. Lap kedelapan jarak Marc ke Rins terpaut 0,409 detik. Nakagami jadi pembalap selanjutnya yang jatuh dan out dari balapan.

Enam pembalap terdepan berhadapan dengan lawannya masing-masing. Marc vs Rins buat posisi satu, Vinales vs Vale buat posisi 3 dan Crutchlow vs Morbidelli buat posisi 5. Lap kesembilan Rins yang sabar menguntit Marc, mendapat celah untuk menyalip. Rins sukses lewati Marc, namun Marc melawan balik. Marc tetap memimpin balapan. Duo KTM jatuh barengan yaitu Oliveira dan Zarco. Zarco telah mengumumkan bahwa ia mengakhiri kontrak dengan KTM lebih cepat. Tahun ini Zarco balapan terakhir dengan KTM, belum tahu kemana ia akan berlabuh tahun depan.

Lap kesepuluh, Rins ke Vinales terpaut 1 detik. Marc gaspol hingga mencatat fastest lap 1:59:936. Posisi di lap kesebelas adalah Marc, Rins, Vinales, Vale, Morbidelli, Miller dan Crutchlow. Lap ketigabelas Crutchlow sukses lewati Miller buat posisi 6. Lap keempatbelas jarak Rins ke Vinales adalah 1,482 detik. Sementara Vale di posisi 4 tak terlihat lagi. Udah nggak mungkin ngebalap Vinales.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2