Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Vinales Kalahkan Marquez di MotoGP Assen dan Rossi Gagal Finis

30 Juni 2019   21:54 Diperbarui: 30 Juni 2019   21:55 0 4 1 Mohon Tunggu...
Vinales Kalahkan Marquez di MotoGP Assen dan Rossi Gagal Finis
yang happy di podium Assen (dok.motogp.com)

Akhirnya Marc Marquez harus mengakui ketangguhan Vinales di MotoGP seri Assen Belanda yang berlangsung hari ini.  Vinales yang (tumben) kuat banget di trek Assen, bisa mematahkan serangan Marc Marquez dan sukses menjuarai MotoGP seri Assen. Yamaha bersukacita bukan hanya karena Maverick Vinales juara, tapi juga rider muda Yamaha Satelit, Fabio Quartararo, sukses juga finis ketiga.

Fabio Quartarato memulai balapan dari pole position. Selama beberapa lap ia juga bisa menghalangi serbuan Marquez, namun akhirnya Fabio kudu mengakui kekuatan Marquez. Kalah jam terbang sih sama kalah performa motor. Namun di Assen ini udah bagus juga performa Fabio. So dia pantas diganjar podium tiga.

Kemarin saya menulis tentang performa Valentino Rossi di Assen di mana ia kudu memulai balapan dari posisi 14 akibat catatan buruk selama sesi latihan bebas dan kualifikasi.  Di balapan The Doctor gagal finis karena jatuh. Insiden jatuhnya Vale melibatkan Takaaki Nakagami yang ikut jatuh juga.

Taka sempat dibawa ke medical centre namun ia katanya tak mendapat cedera berat. Sementara Valentino Rossi baik-baik aja, ia kembali ke garasi. Selama 2 seri ini ia gagal finis dan tak tau kapan performa Vale akan membaik. Cuma dirinya dan Tuhan yang tahu.

lagi bagus di Assen (dok.motogp.com)
lagi bagus di Assen (dok.motogp.com)
Jalannya Balapan

Balapan terdiri dari 26 lap. Alex Rins melakukan start sempurna dan ngacir memimpin balapan. Rins juga meraih hasil bagus di kualifikasi. Di posisi kedua ada rekan se teamnya, Joan Mir. Posisi ketiga ada Fabio Quartararo. Mir dan Quartararo sedang bersaing berebut Rookie of The Year makanya sama-sama panasan.

Sayangnya di lap ketiga Rins ketiban apes. Ia jatuh saat sedang memimpin balapan. Crew Suzuki shock dibuatnya. Assen selesai untuk Rins. Mir juga bisa dipvertake Quartararo akibat melebar. Di lap keempat posisi 3 teratas adalah Quartararo, Vinales dan Marquez. Marquez catat fastest lap 1:33:712.

Lap keempat Marquez berhasil lewati Vinales buat posisi dua. Ia kejar Quartararo sekarang. Lap keenam, disaster buat Valentino Rossi yang jatuh keras ke Gravel bersama Takaaki Nakagami. Nggak ada re run untuk insiden ini jadi saya nggak tau gimana sebab jatuhnya. Nakagami terlihat kesakitan dan Vale menghampiri. Keduanya out dari balapan.

gagal finis lagi (dok.motogp.com)
gagal finis lagi (dok.motogp.com)
Lap kesembilan Vinales coba lewati Marquez tapi Marquez melawan. Vinales melakukan kesalahan dengan melebar kepinggir trek, membuatnya mendekati Dovizioso di posisi empat. 16 lap tersisa gempuran Marquez terhadap Quartararo membuatnya turun ke posisi dua. Quartararo melawan dan di lap berikutnya ia kembali memimpin balapan. Seru juga liat pertempuran rider satelit Yamaha melawan pabrikan Honda.

14 lap tersisa jarak rapat antara Quartararo, Marquez dan Vinales. Vinales lewati Marquez buat posisi dua. Marc benar-benar dapat lawan berat kali ini. Vinales memepet Quartararo dan bersiap mengambil alih posisi. 11 lap tersisa Vinales berhasil menggeser Quartararo dari pimpinan balapan. Marc melihat celah menyalip dan ia juga lewati Quartararo. Top 3 saat ini Vinales, Marquez dan Quartararo.

10 lap tersisa Dovizioso berebut posisi 4 dengan Petrucci. Marquez yang ogah diasapi Vinales berusaha lewati Vinales dan kesempatan itu datang ketika Vinales kembali melebar. Tapi Marquez nggak bisa lama di posisi terdepan karena Vinales kembali ambil alih posisi. Saat 8 lap tersisa posisinya adalah Vinales, Marquez, Quartararo Petrucci, Joan Mir, Dovizioso dan Crutchlow.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x